PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BAERBANTUAN MEDIA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v8n2.p%25pAbstract
Perangkat pembelajaran dan media yang digunakan di SMK Negeri 3 Surabaya kurang efektif hal tersebut ditandai dengan banyak siswa yang memiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), sehingga agar siswa mencapai KKM guru harus melakukan remidi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan Learning Cycle 7E berbantu media. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak sebagai berikut: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid menggunakan model Learning Cycle 7E berbantu media, (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang praktis menggunakan model Learning Cycle 7E berbantu media ditinjau dari respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang efektif menggunakan model Learning Cycle 7E berbantu mediaditinjau dari hasil belajar siswa. Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study.. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu (1) hasil validasi silabus diperoleh rating sebesar 90,6%, hasil validasi RPP diperoleh rating sebesar 83,3%, hasil validasi modul diperoleh rating sebesar 82,3%, hasil validasi LP diperoleh rating sebesar 88,5%, hasil validasi Trainer diperoleh rating sebesar 88,9% dan hasil validasi Jobsheet diperoleh ratig sebesar 85,1%. (2) hasil kepraktisan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari respon siswa memperoleh rating sebesar 88,4% dan dari keterlaksaan pembelajaran memperoleh rating sebesar 94%. (3) hasil belajar peserta didik dari uji coba produk pada hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,69. Berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model Learning Cycle 7E berbantu media ini layak untuk digunakan peserta didik saat proses pembelajaran pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika
Kata kunci : Perangkat, Trainer, validitas, praktis, efektif