Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Jenis Drill and Practice Pada Mata Pelajaran Perencanaan Dan Instalasi Sistem Audio Video Kelas XI TAV Di SMK Negeri 3 Surabaya

  • YUNIAR ALI FIADEA
  • PUPUT WANARTI RUSIMAMTO

Abstract

Media pembelajaran adalah alat yang sengaja digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Media interaktif merupakan sistem penyampaian materi yang disajikan dengan menggunakan komputer yang terdapat alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh penggunanya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif jenis Drill and Practice yang layak pada mata pelajaran perencanaan dan instalasi sistem audio video dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu: 1) Analysis (analisis), 2) Design (desain), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (implementasi), 5) Evaluation (evaluasi).

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran mencapai 86,25% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran mencapai 92,24% dengan kategori sangat valid. Sedangkan keefektifan media pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif jenis Drill and Practice.

Kata Kunci: Media pembelajaran, interaktif, Drill and Practice, ADDIE


Learning media is a tool that is used as an intermediary for teachers and students in undertanding learning materials to be more effective and efficient. Interactive media is a system for delivering material that is presented using a computer that has a controller that can be operated by its users.

The purpose of this study is to make a decent interactive learning media types of drill and practice on the subjects of planning and installation audio video system with reference to feasibility indicator that is validity, practicality and effectiveness of learning device developed.

This research is a development research. The development model used in this study is the ADDIE model which consists of 5 steps, namely: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation.

The results of the study showed that the validity of learning media reached 86,25% with a very valid category. The practicality of learning media reaches 92,24% with a very valid category. While the effectiveness of instructional media shows a significant increase in student learning outcomes using interactive learning media types of Drill and Practice.

Keywords: Learning media, Interactive, Drill and Practice, ADDIE.


Published
2019-06-28
Section
Articles
Abstract View: 48
PDF Download: 18