PENGEMBANGAN TRAINER PENGHITUNG DIGITAL DUA DIGIT PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v8n2.p%25pAbstract
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi di SMKN 1 Sidoarjo bahwa 47% dari total siswa Teknik Audio Video terdapat hasil belajar siswa yang kurang baik yaitu belum mencapai KKM sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Trainer Penghitung Digital Dua Digit yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika dengan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan ADDIE dengan memiliki 5 tahap yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Pengambilan data untuk validasi dilakukan oleh validator, pengambilan data untuk kepraktisan dilakukan oleh guru dan siswa, sedangkan keefektivan penggunaan media ditinjau dari hasil belajar siswa dengan menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Hasil validasi trainer diperoleh rating sebesar 89% dengan kategori sangat valid dan validasi experiment sheet diperoleh rating 86% dengan kategori sangat valid. (2) Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rating sebesar 91% dengan kategori sangat praktis, dan respon siswa memperoleh rating sebesar 82% dengan kategori sangat praktis. (3) Hasil belajar siswa terjadi perbedaan rata-rata yang signifikan setelah menggunakan trainer. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Trainer Penghitung Digital Dua Digit layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 1 Sidoarjo.
Kata kunci: Trainer Penghitung Digital Dua Digit, Respon peserta didik, Hasil belajar siswa, ADDIE