PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING WITH ARGUMENTATION (PBLA) UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

  • AHMAD ROKHIMIN
  • ISMET BASUKI

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan hal yang penting dalam suatu proses penyampaian pembelajaran oleh guru kepada siswa di SMK Negeri 1 Driyorejo. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengungkap kelayakan perangkat pembelajaran model PBLA pada mata pelajaran instalasi listrik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: (1) silabus model PBLA mapel IPL; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) model PBLA mapel IPL; (3) lembar kerja siswa (LKS) model PBLA mapel IPL; dan (4) bahan ajar siswa model PBLA mapel IPL.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode research & development (R&D) dengan langkah penelitian antara lain: (1) studi pendahuluan; (2) merancang perangkat pembelajaran; (3) validasi dan revisi; dan (4) uji coba empiris dan revisi. Selanjutnya uji coba empiris yang digunakan yaitu: one shot case study.

Hasil kevalidan perangkat pembelajaran model PBLA mapel IPL meliputi: (1) silabus model PBLA mapel IPL sebesar 86,78% dengan kriteria sangat layak digunakan; (2) RPP model PBLA mapel IPL pertemuan pertama sebesar 89,12% dengan kriteria sangat layak digunakan; (3) RPP model PBLA mapel IPL pertemuan kedua sebesar 90,50% dengan kriteria sangat layak digunakan; (4) RPP model PBLA mapel IPL pertemuan ketiga sebesar 93,75% dengan kriteria sangat layak digunakan; (5) RPP model PBLA mapel IPL pertemuan keempat sebesar 92,82% dengan kriteria sangat layak digunakan; (6) LKS model PBLA mapel IPL komponen instalasi penerangan listrik sebesar 87,96% dengan kriteria sangat layak digunakan; (7) LKS model PBLA mapel IPL menggambar instalasi listrik penerangan sebesar 89,35% dengan kriteria sangat layak digunakan; (8) LKS model PBLA mapel IPL memasang instalasi penerangan listrik 1 fasa 1 grup sebesar 88,43% dengan kriteria sangat layak digunakan; (9) LKS model PBLA mapel IPL memasang instalasi penerangan listrik 1 fasa 2 grup sebesar 89,81% dengan kriteria sangat layak digunakan; dan (10) bahan ajar siswa model PBLA mapel IPL sebesar 88,23% dengan kriteria sangat layak digunakan.

Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran model PBLA mapel IPL meliputi: (1) keterlaksanaan pembelajaran model PBLA pada mapel IPL yang terlaksana dengan kriteria sangat baik; (2) respon siswa terhadap pembelajaran model PBLA pada mapel IPL mendapat respon yang positif.

Hasil keefektifan perangkat pembelajaran meliputi: (1) skor kompetensi sikap IPL sebesar 87,76 sehingga nilai di atas KKM dengan kriteria baik; (2) skor kompetensi pengetahuan IPL dianalisis menggunakan uji statistik one sample t-test mendapat nilai signifikasi sebesar 0,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi pengetahuan IPL di atas KKM dengan kriteria tuntas; (3) skor kompetensi keterampilan dianalisis menggunakan uji statistik one sample t-test mendapat nilai signifikasi sebesar 0,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi keterampilan IPL di atas KKM dengan kriteria tuntas; (4) skor kemandirian belajar siswa di SMK Negeri 1 Driyorjo dianalisis menggunakan uji statistik one sample t-test mendapat nilai signifikasi sebesar 0,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa di SMK Negeri 1 Driyorejo di atas kriteria kemandirian belajar dengan kriteria mandiri

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, PBLA, kompetensi, kemandirian belajar.




Published
2019-07-05
How to Cite
ROKHIMIN, A., & BASUKI, I. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING WITH ARGUMENTATION (PBLA) UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 36