PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MERANCANG DAN MENGGAMBAR INSTALASI LISTRIK PENERANGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE MODELING THE WAY DI SMKN 1 PUNGGING

  • ISWATUN KHASANAH
  • ACHMAD IMAM AGUNG

Abstract

Abstrak

Perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti meliputi: (1) silabus; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); (3) lembar penilaian (LP); (4) media pembelajaran; (5) bahan ajar; dan (6) tes hasil belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran merancang dan menggambar instalasi listrik penerangan model cooperative learning dengan metode modeling the way di SMKN 1 Pungging. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design.

Hasil kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari validasi ahli perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli 3 validator diperoleh nilai rata-rata perangkat pembelajaran adalah 78,96% dengan rincian: (1) 79,54% untuk silabus; (2) 82,29% untuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); (3) 81,48% untuk lembar penilaian (LP); (4) 74,07% untuk media pembelajaran; (5) 80,00% untuk bahan ajar; dan (6) 82,29% untuk tes hasil belajar. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil respon diperoleh rata-rata penilaian responden guru adalah 90,00% dan rata-rata penilaian responden siswa adalah 85,33%. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meliputi: (1) hasil belajar ranah afektif dapat diketahui bahwa nilai rata-rata sebelum treatment adalah 79,42, sedangkan nilai rata-rata sesudah treatment adalah 85,94; (2) hasil belajar ranah kognitif dapat diketahui bahwa hasil uji Kolmogorov-Smirnov nilai pretest adalah 0,10 dan nilai posttest adalah 0,53 yang bernilai lebih besar dari α = 0,05, hasil uji Levene Statistic nilai signifikansi adalah 0,24 lebih besar dari α = 0,05, dan hasil uji Paired Sample Test didapatkan nilai thitung sebesar -16,69 dan ttabel sebesar 1,69, thitung (16.69) > ttabel (1,699) maka menolak H0 dan terima H1; dan (3) hasil belajar ranah psikomotor dapat diketahui bahwa hasil uji Kolmogorov-Smirnov sebelum treatment adalah 0,10 dan sesudah treatment adalah 0,12, berdasarkan uji Levene Statistic nilai signifikansi adalah 0,50, dan berdasarkan uji Paired Sample Test, didapatkan nilai thitung sebesar -38,71 dan nilai ttabel sebesar 1,69, thitung (38,71) > ttabel (1,69) maka menolak H0 dan terima H1 yaitu terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum treatment lebih kecil dibanding sesudah treatment (penerapan perangkat pembelajaran merancang dan menggambar instalasi listrik penerangan model cooperative learning dengan metode modeling the way). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan pada pembelajaran instalasi listrik penerangan di SMKN 1 Pungging.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, cooperative learning, modeling the way, kevalidan, kepraktisan, keefektifan, dan hasil belajar.

Published
2019-07-16
How to Cite
KHASANAH, I., & IMAM AGUNG, A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MERANCANG DAN MENGGAMBAR INSTALASI LISTRIK PENERANGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE MODELING THE WAY DI SMKN 1 PUNGGING. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 31