PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCHOOLOGY PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PEMASANGAN KOMPONEN DAN SIRKIT MOTOR KONTROL NON PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (NON PLC) KELAS XI DI SMK PGRI 1 NGANJUK

  • VIKY DIMAS WIJAYANTO
  • SUBUH ISNUR HARYUDO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Schoology pada mata pelajaran instalasi motor listrik yang valid digunakan dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Subjek uji coba penelitian ini yaitu kelas XI TITL di SMK PGRI 1 NGANJUK tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (research and development) yang telah dibatasi menjadi tujuh tahap saja yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, dan (7) analisis dan pelaporan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah media pembelajaran interaktif berbasis Schoology. Validasi media dilaksanakan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang valid digunakan. Hasil validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif valid digunakan dengan hasil rating 85%. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 84%.

Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif , Schoology, Respon peserta didik.
Published
2019-07-24
How to Cite
DIMAS WIJAYANTO, V., & ISNUR HARYUDO, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCHOOLOGY PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PEMASANGAN KOMPONEN DAN SIRKIT MOTOR KONTROL NON PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (NON PLC) KELAS XI DI SMK PGRI 1 NGANJUK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 40