PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBANTUAN SOFTWARE EKTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • MONIKA HELLA ANJELINA
  • TRI RIJANTO

Abstract

Modul praktikum merupakan perangkat yang penting dalam proses pembelajaran. Perangkat yang memliki kelayakan perlu dikembangkan dan diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul praktikum berbantuan software EKTS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik yang layak ditinjau dari: (1) validitas produk pembelajaran berbasis modul praktikum berbantuan software EKTS; 2) kepraktisan ditinjau dari hasil angket respon siswa; 3) keefektifan ditinjau dari hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari nilai rata-rata ranah pengetahuan dan keterampilan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan 10 tahap, akan tetapi pada penelitian ini modul praktikum yang dihasilkan hanya prototype saja sehingga tahap pengembangan bahan ajar ini hanya sampai tahap ke tujuh yaitu, (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 2 Bojonegoro kelas XI TITL-1 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi modul praktikum, posttest, RPP, angket respon siswa, dan tes keterampilan berpikir kritis siswa yang terdiri dari ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan produk pembelajaran berupa modul praktikum dinyatakan sangat valid dengan hasil ratting sebesar 89,3%, posttest dinyatakan sangat valid dengan hasil ratting sebesar 88%, RPP dinyatakan sangat valid dengan hasil ratting sebesar 88%. Aspek kepraktisan ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil ratting sebesar 86%. Aspek keefektifan ditinjau dari rerata hasil belajar keterampilan berpikir kritis dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata kelas sebesar 91,5. Dari hasil uji statistika menggunakan one-sample t-test diperoleh th = 24,481 > ttabel= 1,699 dengan taraf signifikansi (α) sebesar 0,05. Sehingga H0 ditolak, artinya rata-rata hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa lebih dari nilai KKM=75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul praktikum berbantuan software EKTS pada mata pelajaran instalasi motor listrik dinyatakan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Bojonegoro.

Kata Kunci: Modul Praktikum, EKTS, Instalasi Motor Listrik
Published
2019-07-24
How to Cite
HELLA ANJELINA, M., & RIJANTO, T. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBANTUAN SOFTWARE EKTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 174