PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR TRAINER PJU BERBASIS SOLAR CELL DI SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v8n3.p%25pAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran miniatur trainer PJU berbasis solar cell yang valid, (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran miniatur trainer PJU berbasis solar cell, dan (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran miniatur trainer PJU berbasis solar cell. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto kelas XI TITL yang berjumlah 24 siswa. Pada penelitian ini menggunakan 7 dari tahap yang dijelaskan oleh Sugiyono (2015:298), yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisa dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata validasi trainer sebesar 95,83% (sangat valid) (2) skor rata-rata validasi jobsheet sebesar 94,95% (sangat valid) (3) siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran yang ditunjukkan sebanyak 75,71%, (4) rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran trainer PJU berbasis solar cell adalah 88,54, dan dapat dijelaskan bahwa dengan rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar dari KKM, sehingga media pembelajaran ini dikatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan trainer, penerangan jalan umum, solar cell
Abstract
The aim of this study are: (1) produce a valid solar cell based PJU trainer miniatur learning media, (2) knowing the student response to solar cell based PJU trainer miniatur learning media that had developed, (3) knowing the study result from student after using the solar cell based PJU trainer miniatur learning media. The development of this solar cell based PJU trainer learning media use research and development (R&D) development model. The reasearch subject in this study were 24 students class XI TAV of SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. There are 7 steps that was used in this study base on Sugiyono (2015:298), there are (1) potention and problem; (2) data collect; (3) produce design; (4) design validation; (5) design revision, (6) product trial, (7) analysis and reporting. The research design used was one shot cae study.
The result of the research show that: (1) an average secore of trainer validation is 95,83% (very valid), (2) an average secore of jobsheet validation is 94,95% (very valid) (3) students showed a positive response to practically of that indicated as many as 75,71%, (4) the average of student learning outcome after using solar cell based PJU trainer learning media is 88,54, and can be explained that with the average student final learning outcome are greater than KKM, so this media ist declared effective to be used in the learning process.
Keyword: trainer development, public street lighting, solar cell