PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 3 JOMBANG

  • AFISTA INDRIYA PUTRI
  • TRI WRAHATNOLO

Abstract

Abstrak

Sebuah model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran. Seorang pengajar harus memiliki metode yang tepat untuk disampaiakan kepada siswanya agar kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMKN 3 Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi-Eksperimental. Adapun jenis desain dalam penelitian ini berbentuk Non-Equivalent Control Group Desain. Prosedur penelitian ini yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisa data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 3 sebagai kelas eksprimen dan siswa kelas XI TITL 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil belajar menunjukkan kelas eksperimen dengan perlakuan Project-Based Learning (PjBL) memperoleh nilai rata-rata awal 51,52 dan 85,64 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata awal 56,90 dan 79,09. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan analisis uji-t menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan harga thitung sebesar 4,145 sedangkan ttabel sebesar 1,998 karena thitung > ttabel. Sehingga dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMKN 3 Jombang.

Kata Kunci: PjBL, Hasil Belajar, Instalasi Penerangan Listrik.






Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract View: 67
PDF Download: 56