Pengembangan Modul Pembelajaran Control Motor 3 Fasa Menggunakan Variabel Speed Control Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk Kal-1 Surabaya

  • SHAFITRI HERDIYANTI
  • EUIS ISMAYATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul yang layak digunakan untuk pembelajaran kontrol motor 3 fasa menggunakan variabel speed control berbasis proyek di SMK KAL-1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan metode research and development (R&D).Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI TITL berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu: (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk, dan (7) tahap analisi dan pelaporan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan mendapatkan hasil validasi rerata RPP sebesar 88,1% yang masuk kategori sangat valid dan rerata validasi modul 92,79% dikategorikan sangat valid, sedangkan validasi angket respon siswa sebesar 83,22%, dan angket respon guru sebesar 84,38% sehingga tingkat kepraktisan modul pembelajaran masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga rerata hasil belajar siswa dari tes evaluasi pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif secara berurutan yakni mendapatkan rerata 81,67; 84,69; dan 78,8. Sehingga dapat dinyatakan tingkat keefektifan modul pembelajaran dalam membantu kegiatan belajar mengajar di SMK KAL-1 Surabaya masuk dalam kategori efektif.

Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Kelayakan Modul, Kontrol Motor 3 Fasa






Published
2019-07-25
How to Cite
HERDIYANTI, S., & ISMAYATI, E. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Control Motor 3 Fasa Menggunakan Variabel Speed Control Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk Kal-1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 65