PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN SOFTWARE EKTS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO

Authors

  • HASAN SYAIFUL RIZAL
  • MUNOTO

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v8n3.p%25p

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kooperatif berbantuan software EKTS pada mata pelajaran instalasi motor listrik berdasarkan; validitas, kepraktisan ditinjau dari respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran, dan keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif berbantuan software EKTS.Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan 10, akan tetapi pada penelitian ini bahan ajar yang dihasilkan hanya prototype saja sehingga tahap pengembangan bahan ajar ini hanya sampai tahap ke tujuh yaitu, (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah afektif, ranah kognitif, dan ranah psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan perangkat pembelajaran pada aspek validitas dinyatakan dengan hasil ratting sebagai berikut: (1) RPP mendapatkan ratting 99,4% diketegorikan sangat valid; (2) LP afektif mendapatkan ratting 99,4% diketegorikan sangat valid; (3) LP kognitif mendapatkan ratting 80,7% diketegorikan sangat valid; (4) LP psikomotor mendapatkan ratting 83% berkategori sangat valid. Aspek kepraktisan dinyatakan dengan hasil ratting respons guru sebesar 87,5% dan respon siswa sebesar 82,1%. Aspek keefektifan ditinjau dari rerata hasil belajar diperoleh hasil sebagai berikut; (1) hasil belajar afektif mendapatkan dua hasil meliputi sikap spiritual mendapatkan rata-rata 87,81 dan sikap sosial mendapatkan rata-rata 89,90; (2) hasil belajar kognitif dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata kelas sebesar 80,3. Dari hasil uji statistika menggunakan One-Sample Test diperoleh th = 29,631> ttabel= 1,70 dengan taraf signifikansi (?) sebesar 0,00; (3) hasil belajar psikomotor dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata kelas sebesar 87,5. Dari hasil uji statistika menggunakan One-Sample Test diperoleh th = 5,227> ttabel= 1,70 dengan taraf signifikansi (?) sebesar 0,01. Sehingga H0 ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa lebih besar dari kriteria ketuntasan minilan (KKM) yaitu 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif berbantuan software EKTS pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, kevalidan, keefektifan, kepraktisan.






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-29

How to Cite

SYAIFUL RIZAL, H., & MUNOTO. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN SOFTWARE EKTS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n3.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 35