PENGEMBANGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN POWER SUPPLY ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMKN 1 DRIYOREJO GRESIK

  • SEPTIAN HARDINATA
  • PUPUT WANARTI RUSIMAMTO

Abstract

Dalam proses pembelajaran dikelas pastilah ditemukan beberapa permasalahan seperti kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya minat belajar siswa. Akibatnya siswa menjadi kurang fokus, kurang termotivasi dan kurang tertarik memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Seringkali pula materi yang diterima oleh siswa belum sepenuhnya menggambarkan pengetahuan yang disampaikan oleh guru dikarenakan cara pembelajaran yang kurang maksimal dan tidak bervarian.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah membawa banyak perubahan yang sangat besar bagi kemajuan dunia pendidikan. Metode E-Learning yang mulai digunakan di sekolah-sekolah umumnya hanya sebatas pengiriman tugas dan pemberian bahan. Termasuk juga E-mail merupakan akun yang digunakan dalam mengirim tugas siswa kepada guru, sedangkan website sebagai fasilitas dalam mempublikasikan bahan ajar. Siswa hanya sebatas mengirim tugas dan tidak mengetahui tindak lanjut atas tugasnya. Siswa sering kali mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan ajar yang telah diajarkan oleh guru ketika diluar jam pelajaran sekolah. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian mengenai uji coba peggunaan media pembelajaran Schoology sebagai bahan ajar siswa, dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Schoology menjadi lebih efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disarankan untuk menggunakan media pembelajaran Schoology sebagai bahan ajar pada mata pelajaran teknik dan rekayasa pokok bahasan mengoperasikan power supply elektronika industri di SMK Negeri 1 Driyorejo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Kevalidan media pembelajaran Schoology yang didapat ditinjau dari validitas para validator mendapat prosentase sebesar 77,64%. Hal ini berarti menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, sedangkan kepraktisan media pembelajaran Schoology dari analisis respon siswa dimana hasil analisis angket respon siswa didapat presentase rata-rata sebesar 80,82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan Schoology ini praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata teknik dan rekayasa di SMK Negeri 1 Driyorejo.. Keefektifan dari media pembelajaran Schoology ini dapat dilihat dari nilai akhir belajar siswa yang telah melebihi KKM, dimana rerata nilai hasil akhir siswa adalah sebesar 86,44.

Berdasarkan kriteria kelayakan yang telah terpenuhi diatas, dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran Schoology yang di kembangkan ini adalah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik dan rekayasa pokok bahasan mengoperasikan power supply elektronika industri di SMK Negeri 1 Driyorejo.

Kata Kunci: media pembelajaran, schoology, e-learning, kevalidan, keefektifan, kepraktisan.


Published
2019-07-30
How to Cite
HARDINATA, S., & WANARTI RUSIMAMTO, P. (2019). PENGEMBANGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN POWER SUPPLY ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMKN 1 DRIYOREJO GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 21