PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • IHTARISA WIDYA MALIDA
  • AGUS BUDI SANTOSO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis problem posing yang layak digunakan sebagai pembelajaran yang ditinjau dari 3 aspek, yaitu: (1) Validitas bahan ajar interaktif berbasis problem posing sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika; (2) Kepraktisan bahan ajar interaktif berbasis problem posing pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI TAV di SMKN 2 Surabaya. Problem posing adalah model pembelajaran yang mewajibkan para siswa untuk mengajukan soal sendiri melalui belajar soal secara mandiri.

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 7 (tujuh) tahapan penelitian yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Pengambilan data validasi bahan ajar dilakukan oleh 3 (tiga) validator, yaitu 2 (dua) dosen dari Universitas Negeri Surabaya an 1 (satu) guru dari SMKN 2 Surabaya. Sedangkan untuk pengambilan hasil belajar siswa dan respon siswa dilakukan pada kelas XI TAV di SMKN 2 Surabaya.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) hasil rating validasi bahan ajar cetak sebesar 87,33% dan media interaktif sebesar 93,35%. Masing-masing dengan kategori sangat valid.; (2) Hasil rating respon angket respon siswa terhadap bahan ajar interaktif berbasis problem posing sebesar 84,8% dengan kategori sangat valid.; (3) Hasil belajar belajar siswa memperoleh peningkatan nilai setelah menggunakan bahan ajar interaktif berbasis problem posing dengan nilai gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Sedangkan, hasil belajar psikomotorik diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,48 dengan kategori tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis problem posing yang dikembangkan layak dan baik digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMKN 2 Surabaya.

Published
2019-09-04
How to Cite
WIDYA MALIDA, I., & BUDI SANTOSO, A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 29