PENGEMBANGAN EXPERIMENT SHEET PRAKTIKUM INSTALASI PENERANGAN 3 FASA MENGGUNAKAN SOFTWARE EKTS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 3 JOMBANG

  • MIFTAHUL ILMI
  • TRI RIJANTO

Abstract

Abstrak

Experiment Sheet praktikum merupakan perangkat yang penting dalam proses pembelajaran. Perangkat yang memiliki kelayakan perlu dikembangkan dan diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan experiment sheet praktikum menggunakan software EKTS yang layak untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik mengacu pada aspek valid, praktis, dan efektif. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 10 tahap. Akan tetapi pada penelitian ini experiment sheet yang dihasilkan hanya prototype saja sehingga tahap pengembangan bahan ajar ini hanya sampai tahap ke 7 yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 3 sebagai uji coba produk, di SMKN 3 Jombang. Desain One-Group Pretest-Posttest Design untuk mengetahui efektivitas experiment sheet dengan software EKTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kelayakan untuk experiment sheet pada aspek validitas pada validasi total dengan rating sebesar 89% yang artinya sangat valid untuk digunakan, (2) aspek kepraktisan experiment sheet pada respon guru mendapatkan rating sebesar 98% dan respon siswa mendapatkan rating sebesar 88% yang artinya dalam kategori sangat praktis dan dapat digunakan oleh siswa pada saat proses pembelajaran. (3) keefektifaan experiment sheet praktikum dihasilkan dari hasil belajar ranah kognitif, ranah psikomotor dan kreativitas siswa. Pada ranah kognitif pretest dengan rata-rata sebesar 52,8, sedangkan pada ranah kognitif posttest dengan rata-rata sebesar 82,8 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Pada ranah psikomotorik rerata nilai 89,32, disimpulkan nilai rerataata melebihi dari KKM sebesar 75 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Pada kreativitas siswa rerata nilai 92,65, disimpulkan nilai rerataata melebihi dari KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa experiment sheet praktikum menggunakan software EKTS layak digunakan sebagai salah satu perangkat pembelajaran alternatif dalam proses pembelajaran dan dapat memperoleh hasil belajar siswa untuk meningkatkan kreativitas siswa yang lebih baik pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik.

Kata Kunci: Experiment Sheet Praktikum, software EKTS, kevalidan, kepraktisan, keefektifan.

Abstract

Experiment Sheet practicum is an important tool in the learning process. Devices that have eligibility need to be developed and researched. The purpose of this study is to develop a practical experiment sheet using EKTS software that is feasible to increase student creativity in subjects Electric Lighting Installation refers to valid, practical, and effective aspects. The research uses the Research and Development (R&D) method with 10 stages. However, in this study the experiment sheet that was produced was only a prototype so that the development phase of this teaching material only reached the 7th stage, namely: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) design validation; (5) design revisions; (6) product trials; (7) analysis and reporting. The subjects of this study were students of class XI TITL 3 as a product trial, at SMK 3 Jombang. Design One-Group Pretest-Posttest Design to determine the effectiveness of the experiment sheet with EKTS software. The results showed that (1) the level of eligibility for the experiment sheet on the aspect of validity in total validation with a rating of 89%, which means it is very valid to use, (2) the practical aspects of experiment sheet on the teachers response getting a rating of 98% and the response of students getting a rating of 88% which means that in the category is very practical and can be used by students during the learning process. (3) the effectiveness of the experiment sheet practicum is produced from the learning outcomes of the cognitive, psychomotor and student creativity. In the pretest cognitive domain with an average of 52.8, while in the posttest cognitive domain with an average of 82.8 with a significance of 0,000 <0.05. In the psychomotor domain, the average value was 89.32, it was concluded that the mean value exceeded the KKM by 75 with a significance of 0,000 <0.05. In the creativity of students, the mean value was 92.65, it was concluded that the mean value exceeded the KKM. Based on these results it is known that the experiment sheet practicum using EKTS software is feasible to be used as an alternative learning device in the learning process and can obtain student learning outcomes to increase student creativity better on electric lighting installation subjects.

Keywords: Experiment Sheet Practicum, EKTS software, validity, practicality, effectiveness.

Published
2019-10-03
How to Cite
ILMI, M., & RIJANTO, T. (2019). PENGEMBANGAN EXPERIMENT SHEET PRAKTIKUM INSTALASI PENERANGAN 3 FASA MENGGUNAKAN SOFTWARE EKTS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 3 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 79