PENGEMBANGAN TRAINER SMARTHOME MICROCONTROLLER DENGAN BLUETOOTH PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SMKN 1 PUNGGING

  • MUHAMMAD SEPTIAN WIJAYA
  • TRI WRAHATNOLO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran trainer smarthome microcontroller dengan bluetooth yang layak. Kelayakan mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari sembilan langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) validasi desain; dan (9) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TITL yang berjumlah 60 siswa di SMKN 1 Pungging. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media trainer smarthome microcontroller dengan bluetooth pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 89,24%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar akhir siswa ranah sikap didapatkan nilai th pada nilai pengetahuan sebesar 44,442dan th pada nilai ketrampilan sebesar 50,019 dengan ttabel = 1,67109 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media trainer smarthome microcontroller dengan bluetooth layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Peneranga Listrik.

Kata Kunci: trainer, smarthome, microcontroller, bluetooth, validitas, efektifitas, kepraktisan.

Published
2019-10-25
Section
Articles
Abstract View: 40
PDF Download: 26