PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER KENDALI MOTOR LISTRIK DENGAN SMART RELAY PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH

  • ERIK DWI KARUNIA SUKARNO
  • TRI WRAHATNOLO

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan trainer kendali motor listrik menggunakan smart relay yang digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan tujuh tahap, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Uji coba trainer dilakukan pada siswa Kelas XII TITL 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo sebanyak 32 siswa. Instrumen terdiri dari lembar validasi media dan perangkat, angket kepraktisan trainer dan lembar eksperimen siswa, dan lembar penilaian siswa.

Hasil penelitian menunjukkan skor rerata dari validasi trainer sebesar 94,10%, lembar eksperimen siswa sebesar 90,36%, butir soal sebesar 85,41%, materi ajar sebesar 89,24%, rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 82,25%, lembar penilaian ranah afektif sebesar 85,42%, lembar penilaian ranah kognitif sebesar 83,93%, dan lembar penilaian ranah psikomotor sebesar 84,72% sehingga dapat dikategorikan sangat valid. Untuk kepraktisan diperoleh rerata skor respon siswa sebesar 82,39% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis. Untuk keefektifan pada hasil belajar ranah afektif siswa didapat rerata nilai 83,18, hasil belajar ranah kognitif siswa diperoleh rerata nilai 81,06 dan rerata gain score 0,76, hasil belajar ranah psikomotor siswa didapat rerata nilai 80,49, serta hasil kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh rerata nilai 81,95 sehingga dapat dikategorikan efektif. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menghasilkan trainer dan lembar eksperimen siswa yang layak meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Kata Kunci: trainer, smart relay.
Published
2019-10-30
Section
Articles
Abstract View: 31
PDF Download: 11