PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SMARTHOME PADA BANGUNAN BERTINGKAT DENGAN KONTROL JARINGAN WIFI MELALUI APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 5 SURABAYA

  • MUHAMMAD ALKHAWARI
  • TRI RIJANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran trainer smarthome yang layak digunakan. Kelayakan media meliputi valid, efektif, dan prakti. Metode yang digunakan adalah R&D, yang meliputi 9 (sembilan) tahap. Uji coba produk menggunakan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Trainer Smarthome pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 89,74%, aspek kepraktisan uji coba produk yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 90,7%, sedangkan kepraktisan uji coba pemakaian dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 92,65%, aspek keefektifan uji coba produk media pembelajaran diperoleh dari hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotorik, dimana pada ranah kognitif pretest dengan rata-rata sebesar 59,3, sedangkan pada ranah kognitif posttest dengan rata-rata sebesar 97,3, pada ranah psikomotorik rata-rata sebesar 89. Sedangkan untuk uji coba pemakaian dimana pada ranah kognitif kelas eksperimen dengan rata-rata hasil rating sebesar 83,16, sedangkan pada ranah kognitif kelas kontrol dengan rata-rata hasil rating sebesar 62,16, Pada ranah psikomotorik kelas eksperimen dengan rata-rata hasil rating sebesar 89,16, jika dibandingkan dengan KKM syarat ketuntasan harus >75. yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan didalam kemampuan akhir siswa ranah psikomotorik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran Trainer Smarthome layak digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran dan dapat memperoleh hasil belajar siswa yang lebih baik pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik.

Kata Kunci: media pembelajaran, Trainer Smarthome, kevalidan, kepraktisan, keefektifan

Published
2019-10-31
How to Cite
ALKHAWARI, M., & RIJANTO, T. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SMARTHOME PADA BANGUNAN BERTINGKAT DENGAN KONTROL JARINGAN WIFI MELALUI APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 146