PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI DITUNJANG MEDIA TRAINER KENDALI MOTOR LISTRIK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK SISWA SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • IGO NANDA DEKA ZAYMAPA
  • TRI WRAHATNOLO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran ditunjang media trainer kendali motor listrik yang layak digunakan pada siswa SMK Negeri 3 Surabaya kelas XI TIPTL 3. Kelayakan yang dimaksud dalam penelitian ini ialah kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar eksperimen siswa, lembar penilaian (LP), media trainer kendali motor listrik.Langkah-langkah yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan one shot case study. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TIPTL 3 di SMKN 3 Surabaya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) RPP IML mendapatkan rerata 3,57 diketegorikan sangat valid; (2) Lembar Eksperimen Siswa mendapatkan rerata 3,39 diketegorikan sangat valid; (3) LP sikap IML mendapatkan rerata 3,45 diketegorikan sangat valid; (4) LP pengetahuan IML mendapatkan rerata 3,50 diketegorikan sangat valid; (5) LP keterampilan IML mendapatkan rerata 3,45 berkategori sangat valid; (6) Trainer kendali motor listrik mendapatkan rerata 3,10 dikategorikan sangat valid. Tingkat keefektifan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) hasil belajar ranah sikap mendapatkan dua hasil meliputi sikap spiritual mendapatkan rerata 87,40 dan sikap sosial mendapatkan rerata 86,80; (2) hasil belajar ranah pengetahuan yang diukur menggunakan tes uraian dan dianalisis menggunakan teknik one sample t-test. Dari analisis tersebut mendapatkan signifikansi 0,00, yang berarti nilai rerata siswa telah mencapai KKM dengan nilai rerata mencapai 83,79; (3) hasil belajar ranah keterampilan yang diukur menggunakan tes kinerja dan dianalisis menggunakan teknik one sample t-test. Dari analisis tersebut mendapatkan signifikansi 0,00, yang berarti nilai rerata siswa telah mencapai KKM dengan nilai rerata mencapai 84,30. Tingkat kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran melalui pengamatan guru TITL SMK Negeri 3 Surabaya mendapatkan rerata 3,50, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis untuk digunakan. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri ditunjang trainer kendali motor listrik yang layak untuk digunakan ditinjau dari 3 aspek yaitu aspek kevalidan, aspek keefektifan, aspek kepraktisan.




Published
2019-11-25
Section
Articles
Abstract View: 36
PDF Download: 12