Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Model Problem Based Instruction (PBI) Dengan Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%25pAbstract
AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi selama kegiatan Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jatirejo Mojokerto dan didukung dengan lembar need assesment guru, bahwa terdapat beberapa permasalahan pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik kelas XI yaitu pelaksanaan pembelajaran masih berpusat kepada guru, proses pembelajaran masih dominan menggunakan media papan tulis, dan sumber belajar siswa hanya berupa buku catatan. Karena beberapa faktor tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik menjadi kurang maksimal atau belum mencapai nilai KKM. Dengan dikembangkannya bahan ajar mandiri dan proses pembelajaran yang berpusat kepada siswa yaitu modul praktikum berbasis model PBI dengan scientific approach diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan 7 langkah penelitian yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) analisis dan pelaporan. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one group pretest-posttest design.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan modul praktikum berbasis model PBI dengan scientific approach ditinjau dari aspek kevalidan dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebesar 92,85%, aspek kepraktisan yang ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 91,10%, selanjutnya aspek keefektifan ditinjau dari respon siswa dan hasil belajar siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan modul diperoleh nilai rating sebesar 93,87% sehingga respon yang didapatkan dapat dikategorikan sangat setuju. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa terdapat peningkatan dari 52,13 menjadi 84, hasil uji t didapatkan nilai signifikansi yaitu = 0,000 dengan taraf signifikansi ?=0,05. Dengan demikian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan. Sehingga pembelajaran menggunakan bantuan modul yang dikembangkan dapat dikategorikan efektif. Karena modul praktikum berbasis model PBI dengan scientific approach sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif maka sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Modul praktikum, PBI, Scientific Approach, Instalasi Penerangan Listrik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

