PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 1 JATIREJO

  • MUHAMMAD ILHAM FIRDAUS
  • EUIS ISMAYATI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SMK Negeri 1 Jatirejo, bahwa terdapat permasalahan diantaranya pelaksanaan pembelajaran masih berpusat kepada guru, proses pembelajaran masih dominan menggunakan media buku cetak, dan papan tulis pada saat pembelajaran siswa pasif. Karena hal tersebut hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran instalasi motor listrik menjadi kurang maksimal (belum mencapai KKM). Dengan diterapkannya digital book interaktif diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara menghasilkan digital book interaktif yang layak. Kelayakan tersebut mengacu pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan terdiri atas 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi produk (main product revision); (6) uji coba produk ; (7) analisis dan pelaporan (analysis and reporting). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL 2 di SMK Negeri 1 Jatirejo. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian menujukkan bahwa tingkat kelayakan digital book interaktif ditinjau dari kevalidan dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebesar 88,75%, aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 87,29%, aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siswa didapatkan t hitung = 13,964 > t tabel = 3,591 dengan signifikansi 0,000. Nilai rata-rata posttest 85,89 yang masuk kategori tuntas karena melampaui kereteria ketuntasan minimal (KKM). Sehingga digital book interaktif yang dikembangkan dikategorikan efektif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa digital book interaktif layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar serta media pembelajaran alternatif dalam proses pembelajaran yang dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar siswa yang lebih baik pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Sehingga digital book interaktif sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Digital book interaktif, Animasi, Simulasi, Hasil Belajar Siswa
Published
2019-11-26
How to Cite
ILHAM FIRDAUS, M., & ISMAYATI, E. (2019). PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 1 JATIREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 17