PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 1 FASA BERKONSEP SMART BUILDING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

  • BAGUS DWI ARDIANSYAH
  • TRI RIJANTO

Abstract

AbstrakMedia Pembelajaran merupakan salah satu media yang efisien dalam penyampaian materi pembelajaran. Hasil pengamatan yang telah dilakukan pada SMK Negeri 1 Driyorejo, dalam program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yaitu belum adanya media pembelajaran berupa Trainer yang variatif pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik tentang materi “Smart Building”. Mata pelajaran instalasi penerangan listrik adalah mata pelajaran yang membutuhkan keterampilan, sehingga siswa akan mengalami kesulitan dalam merancang atau mengaplikasikan instalasi penerangan listrik dengan berbagai macam variasi yang sesuai dengan keinginan konsumen dan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Trainer “Smart Building” yang layak digunakan meliputi: (1) validitas Trainer, (2) kepraktisan Trainer ditinjau dari respon siswa dan guru, dan (3) efektifitas Trainer ditinjau dari hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Desain uji coba yang digunakan yaitu One Shot-Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 SMK Negeri 1 Driyorejo sebanyak 33 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kelayakan Trainer “Smart Building”pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebesar 86,98%, (2) aspek kepraktisan Trainer “Smart Building” yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 90,91%, sedangkan respon guru dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 93,52%, (3) Dari hasil uji coba menggunakan desain One Shot-Case Study dan uji t, yakni hasil belajar ranah kognitif, psikomotor, afektif siswa memiliki rata – rata 82,76, 90,91, dan 88,79 dengan signifikansi (α) 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada pencapaian kompetensi siswa setelah menerima pembelajaran dengan menggunakan Trainer “Smart Building” sehingga dikatakan efektif digunakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Trainer “Smart Building” pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 1 Driyorejo dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Kata Kunci: Trainer, Smart Building, Instalasi Penerangan Listrik.
AbstractLearning Media is one of the efficient media in the delivery of learning materials. The results of observations that have been made at SMK Negeri 1 Driyorejo, in the Electric Power Installation Engineering expertise program are that there are no learning media in the form of varied trainers on Electric Lighting Installation subjects on "Smart Building" material. Electric lighting installation subjects was subjects that require skills, so students will have difficulty in designing or applying electric lighting installations with a variety of variations in accordance with the wishes of consumers and the times. This study aims to produce a Trainer "Smart Building" that was feasible to use include: (1) Trainer validity, (2) Trainer practicality in terms of student and teacher responses, and (3) Trainer effectiveness in terms of student learning outcomes after learning. This research uses the Research and Development (R&D) method. The trial design used was the One Shot-Case Study. The subjects of this study were 33 students of class XI TITL 1 of SMK Negeri 1 Driyorejo.The results showed that (1) the feasibility level of the "Smart Building" Trainer in the aspect of validity was declared to be very valid with a rating of 86.98%, (2) the practical aspect of the "Smart Building" Trainer in terms of student responses expressed very practical with the rating results of 90.91%, while the teachers response was declared very practical with a rating of 93.52%, (3) From the results of the trial using the One Shot-Case Study design and t test, namely the cognitive, psychomotor, and affective learning outcomes of students have an average of 82.76, 90.91, and 88.79 with a significance (α) 0.05, so it can be concluded that there is a significant increase in the achievement of student competencies after receiving learning by using the "Smart Building" Trainer so that it is said to be effectively used . Thus, it can be concluded that the Trainer "Smart Building" in the subjects of Electrical Lighting Installation at SMK Negeri 1 Driyorejo was declared fit for use in learning activities.Keywords: Trainer, Smart Building, Electrical Lighting Installation.
Published
2019-11-28
How to Cite
DWI ARDIANSYAH, B., & RIJANTO, T. (2019). PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 1 FASA BERKONSEP SMART BUILDING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 143