PENGEMBANGAN TRAINER TROUBLE SHOOTING TELEVISI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI PENERIMA TELEVISI PADA KELAS XI TAV DI SMKN 1 TAMANAN BONDOWOSO

  • . Wito Efendi Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Edy Sulistiyo . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Trainer televisi merupakan media pembelajaran yang tepat untuk kompetensi dasar memperbaiki penerima televisi khusunya di SMK Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Trainer  televisi sebelumnya belum pernah dibuat untuk itu perlu di buat trainer televisi yang lebih mudah serta dilengkapi dengan job shet sehingga pemahaman terhadap materi pada kompetensi tersebut lebih mudah dipahami dan proses mengajar lebih menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk membuat trainer televisi, dengan sasaran akhir berupa terbangunya sebuah trainer televisi sesuai dengan joobshet dalam melakukan kegiatan pratikum, (2) Untuk mengetahui respon siswa tentang trainer televisi apakah pembelajaran dengan menggunakan media trainer dan modul lebih menarik dari pada pembelajaran tidak mengunakan media trainer.

Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Dan dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap analisi masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, serta hasil respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media trainer dan jobsheet yang dihasilkan.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dinyatakan layak dengan rata-rata hasil rating sebesar 88,5%, dan rata-rata hasil rating penilaian validasi terhadap jobsheet praktikum sebesar 82,86%, dinyatakan layak. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dan jobsheet dinilai mendapat respon/tanggapan positif dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 91,07% yang dikategorikan baik. Kefektifan siswa dalam melakukan praktikum dengan mengunakan trainer dan jobsheet diperoleh hasil keefektifan sebesar 61,7% dengan waktu < 41 menit maka dapat dikatagorikan efektif, dengan rincian kelompok 1 mendapat kefektifaan dengan nilai rata-rata sebesar 75 % dengan waktu < 31 menit, maka dapat dikatagorikan sangat efektif, kelompok 2 mendapat kefektifaan dengan nilai rata-rata sebesar 67 % dengan waktu < 41 menit, maka dapat dikatagorikan efektif, Kelompok 3 mendapat kefektifaan dengan nilai rata-rata sebesar 58,3 % dengan waktu < 41 menit, maka dapat dikatagorikan sangat efektif

Kata kunci:Televisi, Trainer, Joob Sheet, Penelitian Research and Development (R&D).

ABSTRACT

Television Trainer is right learning instrument  for basic competence for television receiver  especially in SMK Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Television Trainer has been not made, it’s need to create easier and compactly job shet so that understanding of the competence substance more easily and the process of teaching more enjoyable. The purpose of this study are (1) To make a television trainer, the goal of this instrument is to form that appropriate joobshet in practical work (2) To study the response of students about concern learning television trainer using trainer instrument and modules are more attractive than study did not use the trainer instrument.

The research method used Research and Development (R & D). And in this study there are 7 (seven) stages, namely: (1) stage of problem analysis, (2) the data collection phase, (3) the product design stage, (4) design validation phase, (5) stages of design revisions, (6) product test phase and (7) analysis and reporting stages. Collecting data in this study were obtained from the results of the validation to determine the feasibility of the resulting media, performance appraisal practicum students to determine students 'skills in using media trainer and jobsheet, and the results of student responses to determine students' responses to media trainer and jobsheet generated.

Based on these results, it is concluded that, on the whole aspect of the validation results are contained in otherwise good media trainer with an average rating of 88,5% yield, and the average rating assessment results validate the lab jobsheet expressed by 82,86% better. Student responses on all aspects of the media contained in jobsheet assessed trainer and get a response / positive feedback with an average rating result of 91,07% of student responses were categorized as good. Effectiveness in doing practicum students using the trainer and the results obtained jobsheet effectiveness of 61.7% with a time of <41 minutes, it can be categorized effectively, with details of group 1 received kefektifaan with an average value of 75% with a time of <31 minutes, it can be categorized very effective, group 2 received kefektifaan with an average value of 67% with a time of <41 minutes, then it can be categorized effectively, group 3 received kefektifaan with an average value of 58.3% with a time of <41 minutes, then it can be categorized devastating

Keywords: Microcontroler, Trainer, Modules, and Research and Development (R & D).

Author Biographies

. Wito Efendi, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Edy Sulistiyo ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Efendi, ., & ., E. (2013). PENGEMBANGAN TRAINER TROUBLE SHOOTING TELEVISI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI PENERIMA TELEVISI PADA KELAS XI TAV DI SMKN 1 TAMANAN BONDOWOSO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 122