PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 KEDIRI

  • DEIKA AYU RAHMANINGTYAS
  • AGUS BUDI SANTOSO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SMKN 1 Kediri bahwa belum adanya sumber belajar yang interaktif sehingga siswa cenderung pasif sehinga hasil belajar tidak mencapai KKM terbukti dengan adanya remidial.

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat e-book interaktif yang layak pada mata pelajaran perencanaan dan instalasi sistem audio video dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-book.

Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono, yang terdiri atas 7 langkah yaitu : (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi produk; (5) Revisi produk; (6) Uji coba produk; (7) Analisis dan pelaporan produk.

Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh hasil bahwa e-book interaktif yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat valid, dengan rata-rata hasil rating sebesar 86,24%.. Angket respon siswa mendapatkan hasil rating sebesar 90,5% dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan e-book interaktif adalah 86,12%. Hal ini menunjukkan bahwa e-book interaktif mata pelajaran perencanaan dan instalasi sistem audio video layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar disekolah.

Kata Kunci: E-book, Interaktif, kelayakan, Research and Development.

Abstract

This research is based on the observation results in SMK N 1 Kediri that there is no interactive learning resources and lack of interest so students tend to be passive then the learning outcomes do not reach KKM, proven by remedial.

This research intends to produce worthy interactive e-book on subjects of planning and installing an audio video system with reference to the feasibility indicators that is e-book validity and effectiveness.

This research uses research and development (R&D) which is developed by Sugiono, consisting of 7 steps those are : (1) potential and problem; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revision; (6) product trial; (7) analysis and product report.Based on the analysis of research result it is known that the developed interactive e-book can be categorized as very valid, with an average rating results of 86,24%. Students response questionnaire got a rating result of 90,5% categorized very good. It shows that interactive e-book on subjects of planning and installing an audio video system is worthy to be used as one of learning resources at school.

Key Word: E-book, Interactive, appropriateness, Research and Development.

Published
2019-12-03
How to Cite
AYU RAHMANINGTYAS, D., & BUDI SANTOSO, A. (2019). PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 18