PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN SOFTWARE MULTISIM PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • DANEIZA ANGGELINA BUDIARTI
  • PUPUT WANARTI RUSIMAMTO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat perangkat pembelajaran yang layak dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan software Multisim pada mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model desain pembelajaran ADDIE yang dikembangkan oleh Branch, yang terdiri atas 5 langkah yaitu: (1) Analisis; (2) Desain produk; (3) Pengembangan; (4) Penerapan; (5) Evaluasi. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV 1 SMKN 1 Sidoarjo. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah pretest-posttest design.

Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan model pembelajaran PjBL berbantuan software Multisim dapat dikategorikan sangat valid. Memiliki presentase hasil validasi RPP sebesar 84%, presentase hasil validasi LKS sebesar 84%, presentase hasil validasi LP sebesar 81%, presentase hasil validasi materi ajar sebesar 85%, presentase hasil validasi pada butir soal sebesar 86%, dan presentase hasil validasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 82%. (2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan dua kali pertemuan memiliki nilai hasil rating yakni sebesar 89% pada pertemuan pertama dan 88% pada pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. (4) Rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif memiliki hasil nilai gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang dalam peningkatan hasil belajarpretest posttest. Selanjutya Rata-rata hasil belajar siswa pada ranah psikomotor memiliki nilai rata-rata sebesar 88,2 dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: Pengembangan perangkat, PjBL, software Multisim, Kelayakan.

Published
2019-12-17
How to Cite
ANGGELINA BUDIARTI, D., & WANARTI RUSIMAMTO, P. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN SOFTWARE MULTISIM PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 72