RANCANG BANGUN TRAINER PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) SOLAR CELL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XII TITL DI SMK NEGERI 1 CERME

  • SURYO ADHI NUGROHO
  • TRI WRAHATNOLO

Abstract

Trainer merupakan salah satu media yang efisien dalam penyampaian materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, di SMK Negeri 1 Cerme belum memiliki media trainer. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan trainer Penerangan Jalan Umum (PJU) solar cell yang layak digunakan pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik, mengacu pada aspek valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian menggunakan eksperimen. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one shot case study design, dengan subjek penelitian siswa SMK Negeri 1 Cerme kelas XII TITL 1 berjumlah 30 orang.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tingkat kelayakan media trainer pada aspek kevalidan dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebesar 89,29%, aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 91,29%, aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dari one sample t - test menggunakan SPSS 23 dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh pencapaian kompetensi ranah kognitif dengan nilai rerata 89,17 dan t hitung = 15,216 > t tabel = 1,69913. Pencapaian kompetensi ranah psikomotorik dengan nilai rerata 92,93 dan t hitung = 15,216 > t tabel = 29,213. Dan pencapaian kompetensi ranah kognitif dengan nilai rerata 88,63. Hal ini berarti bahwa rerata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa trainer Penerangan Jalan Umum (PJU) solar cell ini layak digunakan sebagai salah satu penunjang proses belajar mengajar peserta didik pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 1 Cerme.

Kata Kunci: Trainer, Penerangan Jalan Umum (PJU), Solar Cell, Hasil Belajar Siswa.
Published
2019-12-31
Section
Articles
Abstract View: 49
PDF Download: 25