RANCANG BANGUN TRAINER MINI PLC BERBASIS ARDUINO PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

  • HAMZAH HUTOMO
  • BAMBANG SUPRIANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Trainer Mini PLC Berbasis Arduino yang layak digunakan dalam pembelajaran pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elekronik Kelas XII TEI di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Kelayakan media pembelajaran dinilai dari aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan uji One Shot Case Study. Uji coba Trainer Mini PLC beserta Jobsheet ini ditunjukkan kepada 20 siswa kelas XII TEI di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Instrumen penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut :
1) Aspek kevalidan digunakan lembar validasi trainer, jobsheet dan soal; 2) Aspek kepraktisan digunakan angket respons siswa; dan 3) Aspek keefektifan digunakan lembar penilain siswa dari hasil praktikum dan soal posttest yang telah divalidasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa trainer dan jobsheet yang dikembangkan layak digunakan. Tingkat kevalidan trainer sebesar 88,09 % (sangat valid) dan tingkat kevalidan jobsheet sebesar 86,11% (sangat valid). Dari analisis angket respon siswa didapatkan tingkat kepraktisan dengan persentase sebesar 89,74% (sangat praktis). Sedangkan tingkat efektifitas dianalisis dari rata-rata hasil belajar siswa yang telah melebihi (KKM=75) yaitu sebesar 86,83. Dari hasil analisis SPSS didapatkan nilai thitung sebesar 16,750 dengan df=19 dan memperoleh signifikansi 0,000 yang membuktikan nilai hasil belajar sama atau melebihi KKM yang berarti trainer dan jobsheet efektif digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci : Trainer Mini PLC Berbasis Arduino, Validitas, Kepraktisan, Efektifitas.
Published
2020-01-13
How to Cite
HUTOMO, H., & SUPRIANTO, B. (2020). RANCANG BANGUN TRAINER MINI PLC BERBASIS ARDUINO PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 122