PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DELPHI 7 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • VIMA RISTIA HARDIYANTI
  • EUIS ISMAYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Delphi 7 pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 3 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 3 Surabaya kelas XI TITL 2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan 7 langkah yaitu: (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk, dan (7) tahap analisis dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Delphi 7 yang layak untuk digunakan dinilai dari tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian untuk aspek kevalidan media pembelajaran berbasis Delphi 7 dengan hasil rating 87,02%, untuk aspek kepraktisan yaitu: (1) hasil respon siswa dengan hasil rating 86,85%, (2) hasil pengamatan respon siswa dengan hasil rating 95,25%, (3) hasil pengamatan aktivitas pembelajaran dengan hasil rating 97,66%. Sehingga rerata hasil belajar siswa dari tes evaluasi pada ranah kognitif didapatkan thitung> ttabel (32,34 >2,04) dengan signifikansi 0,00, pada ranah psikomotor didapatkan thitung= 15,743>ttabel= 2,04 dengan signifikansi 0,00. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan ditinjau dari 3 aspek yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan.
Kata Kunci: Delphi 7, Kelayakan Media Pembelajaran, Instalasi Tenaga Listrik.

Published
2020-01-20
How to Cite
RISTIA HARDIYANTI, V., & ISMAYATI, E. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DELPHI 7 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 91