PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI SMK NEGERI 1 JATIREJO

Authors

  • DESTINI RACHMADHANI
  • ISMET BASUKI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%25p

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat perangkat pembelajaran yang layak dengan menerapkan model pembelajaran POGIL menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran instalasi motor listrik (IML) yang mengacu pada indikator kelayakan yaitu kualitas, kepraktisan, dan keefektifan pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi (1) silabus model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML; (3) lembar kerja siswa (LKS) model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML; dan (4) bahan ajar siswa model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML.Metode penelitian yang digunakan merujuk metode research and development (R&D) yang dimodifikasi dari 10 tahap menjadi 4 tahap yakni adalah tahap studi pendahuluan, tahap merancang perangkat pembelajaran, tahap validasi dan revisi, serta tahap uji coba empiris dan revisi.Hasil kualitas perangkat pembelajaran model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML meliputi (1) hasil validasi silabus model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML sebesar 3,80 dengan kategori layak digunakan; (2) hasil validasi RPP model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML sebesar 3,70 dengan kategori layak digunakan; (3) hasil validasi LKS model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML sebesar 3,80 dengan kategori layak digunakan; (4) hasil validasi bahan ajar siswa model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML sebesar 3,70 dengan kategori layak digunakan. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML meliputi (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML sebesar memiliki nilai rerata 1,33 dengan kategori praktis; dan (2) respon guru terhadap model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel memiliki nilai rerata 93,70% dengan kategori sangat praktis.Hasil keefektifan perangkat pembelajaran model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML meliputi (1) hasil respon siswa terhadap model POGIL dengan pendekatan saintifik mapel IML memiliki nilai rerata 80,72% dengan kategori efektif; (2) kompetensi ranah sikap IML mempunyai skor rerata sebesar 84,15 di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan skor 75; (3) kompetensi ranah pengetahuan IML dianalisis menggunakan one sample t test diperoleh skor rerata 87,10 di atas KKM dan dari uji paired sample t-test menyatakan terdapat perbedaan skor sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran dengan skor rerata pre test 51,74 dan skor rerata post tets 87,10; (4) kompetensi ranah keterampilan IML diperoleh dari uji one sample t-test dengan skor rerata 86,38 di atas KKM; dan (5) keterampilan critical thinking and problem solving IML diperoleh dari uji one sample t-test dengan skor rerata 81,08 di atas KKM. Perangkat pembelajaran POGIL dengan pendekatan saintifik IML dikategorikan layak digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan Perangkat, POGIL, Pendekatan Saintifik.




Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-22

How to Cite

RACHMADHANI, D., & BASUKI, I. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI SMK NEGERI 1 JATIREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 57 , PDF Downloads: 35