Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbasis Inquiry Learning Berbantuan Software EKTS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas XI TITL Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMKN 2 Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%25pAbstract
Abstrak
Penggunaan buku ajar siswa berbasis inquiry learning berbantuan software EKTS merupakan salah satu langkah yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari pengembangan buku ajar ini adalah untuk mengetahui validitas buku ajar siswa, untuk mengetahui kepraktisan buku ajar siswa ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa, serta untuk mengetahui keefektifan buku ajar siswa ditinjau dari ketuntasan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D), dengan langkah penelitian: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) ujicoba produk, dan (7) analisis dan pelaporan. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah desain Pretest-Posttest. Uji coba buku ajar siswa dilakukan pada siswa kelas XI TITL 2 SMKN 2 Lamongan sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan buku ajar siswa berbasis inquiry learning berbantuan software EKTS ditinjau dari aspek kevalidan dinyatakan sangat valid untuk digunakan dengan persentase rating sebesar 92,5%. Aspek kepraktisan ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan persentase rating sebesar 94% dan kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran sangat praktis dengan persentase rating sebesar 98%. Selanjutnya aspek keefektifan buku ajar dilihat dari hasil belajar ranah kognitif sangat efektif dengan hasil signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,00 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar pengetahuan peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan buku ajar siswa tersebut, keefektifan buku ajar dilihat dari hasil belajar ranah afektif dinyatakan sangat efektif dimana peserta didik tuntas dalam hasil belajar sikap sosial dengan persentase rating sebesar 87,7% dan sikap spiritual dengan persentase rating sebesar 88,75%, keefektifan buku ajar dilihat dari hasil belajar ranah psikomotor sangat efektif dimana berdasarkan analisis yang dilakukan di dapatkan hasil signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,00 yang menyatakan bahwa nilai hasil belajar siswa pada ranah keterampilan di atas KKM (75). Karena buku ajar siswa berbasis inquiry learning berbantuan software EKTS sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif maka sangat layak digunkan dalam pembelajaran di SMKN 2 Lamongan.
Kata Kunci: pembelajaran, buku ajar siswa, inquiry learning, hasil belajar IML.