PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN GAME CLEBO (CLEVER BOARD) PADA XI TEI MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 1 DRIYOREJO GRESIK

  • ESTER CHRISTANTI
  • AGUS BUDI SANTOSO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif menggunakan permainan Clebo pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D menurut Thiagarajani. Hal ini meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminate). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TEI SMKN 1 Driyorejo. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah Uji T satu sampel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat dikategorikan sangat valid. Memiliki hasil validasi pada RPP sebesar 92,2%, hasil validasi pada LKPD 79,98%, hasil validasi pada LP sebesar 80,5%. (2) Keterlaksanaan pembelajaran memiliki nilai hasil rating 80,1% dengan kategori terlaksana dengan baik. (3) Analisis hasil akhir siswa yang diperoleh dari hasil belajar kognitif dan psikomotor memiliki nilai rata-rata sebesar 83,38.

Kata kunci : Pengembangan Perangkat, Pembelajaran TGT, Permainan Clebo.
Published
2020-04-06
How to Cite
CHRISTANTI, E., & BUDI SANTOSO, A. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN GAME CLEBO (CLEVER BOARD) PADA XI TEI MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 1 DRIYOREJO GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 48