PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GI (GROUP INVESTIGATION) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI CD PLAYER DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • . Agung Hartono Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • J. A. Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada standar kompetensi memperbaiki CD Player di SMKN 2 Surabaya. Buku ajar yang digunakan dalam perangkat pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan metode Pembelajaran Kooperatif GI. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran (rencana pembelajaran dan buku ajar), dan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development. Pengembangan Research & Development terdiri dari 7 (tujuh) tahapan yaitu: (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap ujicoba produk dengan desain one group pretest posttest dan (7) tahap analisa dan pelaporan

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil validasi terhadap modul memperoleh validasi dengan rata-rata sebesar 80%, validasi rencana pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 77,68%, hasil validasi soal pretest memperoleh rata-rata sebesar 78,6%, dan hasil validasi soal posttest memperoleh rata-rata sebesar 79,31%. Hasil dari uji coba yang dilakukan didapat hasil belajar siswa menggunakan buku ajar Memperbaiki CD Player, pretest dengan rata-rata 68,83 dan posttest dengan rata-rata 80,25. Hasil ini menunjukkan bahwa buku ajar Memperbaiki CD Player yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif GI layak digunakan dalam proses pembelajaran (KBM).

 

Kata kunci : Perangkat pembelajaran, metode Pembelajaran Kooperatif GI,  penelitian & pengembangan, Hasil belajar siswa.

 

Abstract

This study aims to develop a learning device that is used in the learning activities on a standard CD player repair competence in SMKN 2 Surabaya. Textbooks used in the study were developed by using GI Cooperative Learning. The research instrument used is a learning device validation sheet (lesson plans and textbooks), and test results of a pretest and posttest learning.

The method used is Research & Development. Development Research & Development consists of 7 (seven) stages, namely: (1) stage of problem analysis, (2) data collection phase, (3) the product design stage, (4) design validation phase, (5) stages of design revisions, (6 ) product testing phase with the one-group pretest-posttest design (7) stages of analysis and reporting

From the research that has been done shows the validation of the module gain validation with an average of 80%, validation of lesson plans to obtain an average of 77.68%, the results of the validation question pretest gained an average of 78.6%, and the results validation matter posttest gain on average by 79.31%. Results of experiments performed using student learning outcomes acquired textbooks Fix CD Player, with an average pretest and posttest 68.83 with an average of 80.25. These results indicate that the textbooks were developed to Fix CD Player effective to improve student learning outcomes .. This suggests that the development of a learning device with a decent GI cooperative learning methods used in the learning process (KBM).

 

Keywords : Tool learning, cooperative learning methods GI, research and development, student learning outcomes.

Author Biographies

. Agung Hartono, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
J. A. Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Hartono, ., & Pramukantoro, J. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GI (GROUP INVESTIGATION) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI CD PLAYER DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 80