PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) MENGGUNAKAN PERMAINAN UNO STACKO PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR & MIKROKONTROLER KELAS XI TAV SMKN 1 BLITAR

Authors

  • PANJI SULUNG PRAKOSO
  • AGUS BUDI SANTOSO

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%25p

Abstract

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh proses pembelajaran yang masih menggunaan model pembelajaran langsung yang bersifat ceramah dan peserta didik kurang berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran, hal ini bisa dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik yang masih belum mencapai KKM, sehingga pendidik harus mengadakan remidial agar nilai hasil belajar peserta didik berada di atas KKM. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan permainan Uno Stacko pada mata pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor & Mikrokontroler dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian R&D adopsi dari Sugiono, terdiri dari 7 langkah: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Produk; (5) Revisi Produk; (6) Uji Coba Produk dan (7) Analisa dan pelaporan. Subjek penelitian yaitu 30 peserta didik kelas XI TAV di SMKN 1 Blitar. Rancangan uji coba penelitian menggunakan one sample T-test design.

Hasil penelitian: (1) Kevalidan perangkat pembelajaran ini sangat valid digunakan dengan hasil validasi perangkat pembelajaran RPP masuk dalam kategori sangat valid, hasil LKPD masuk dalam kategori sangat valid, hasil LP masuk dalam kategori sangat valid, hasil Materi Ajar masuk dalam kategori sangat valid, dan hasil Media Uno Stacko masuk dalam kategori sangat valid; (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran terlaksana dengan sangat baik; (3) Keefektifan perangkat pembelajaran ini efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil pengujian menggunakan One Sample T-test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat ditarik kesimpulan untuk menolak H0 dan terima H1 karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dimana ada beda yang signifikan antara nilai akhir rata-rata hasil belajar peserta didik dan KKM. Dari pemaparan hasil 3 kriteria kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari produk yang telah dihasilkan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan permainan Uno Stacko pada mata pelajaran pemrograman, mikroprosesor dan mikrokontroler layak digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan Perangkat, Pembelajaran TGT, Permainan Uno Stacko.


Abstract

This research is based on a learning process that still uses direct learning models that are lecturing and students lack an active role in participating in learning, this can be seen from the learning outcomes of students who have not yet reached the KKM, so educators must hold a remidial so that the value of learning outcomes students are above the KKM. The purpose of this study is to produce an appropriate learning tool by applying the TGT type of cooperative learning model using the Uno Stacko game in the Programming, Microprocessor & Microcontroller subjects with reference to the feasibility indicators namely validity, practicality and effectiveness of the learning device.

This research uses the R&D adoption research methodology from Sugiono, consisting of 7 steps: (1) Potential and problems; (2) Data Collection; (3) Product Design; (4) Product Validation; (5) Product Revision; (6) Product Testing and (7) Analysis and reporting. The research subjects were 30 students of class XI TAV in SMK 1 Blitar. The research trial design uses one sample T-test design.

The results of the study: (1) The validity of this learning tool is very valid to be used with the results of the RPP learning tool validation of 87.85%, the LKPD results of 85.53%, the LP results of 88.36%, the Teaching Material results of 87.5%, and Media Uno Stackos results are 89.48%; (2) The practicality of the learning tools is very well implemented with a rating of 95.79%; (3) The effectiveness of this learning tool is effective for use in the learning process with the results of testing using One Sample T-test obtained a significance value of 0,000 so that conclusions can be drawn to reject H0 and accept H1 because the significance value is 0,000 <0.05 where there is a significant difference between the final grade average learning outcomes of students and KKM. From the presentation of the results of 3 eligibility criteria, practicality and effectiveness of the products that have been produced it can be concluded that the learning model of the TGT cooperative learning model (Teams Games Tournament) uses the Uno Stacko game on programming subjects, microprocessors and microcontrollers suitable for use.

Keywords: Development of learning device, Learning TGT, Uno Stacko Games

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-14

How to Cite

SULUNG PRAKOSO, P., & BUDI SANTOSO, A. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) MENGGUNAKAN PERMAINAN UNO STACKO PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR & MIKROKONTROLER KELAS XI TAV SMKN 1 BLITAR. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 104 , PDF Downloads: 144