PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL

  • Viryan Gerry Pradhana Jurusan Teknik FT Unesa
  • J. A. Pramukantoro Jurusan Teknik FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa  yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (two stay two stray) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation), dan metode pembelajaran, diharapkan dapat membuat belajar mengajar secara aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Metode dalam penelitian ini adalah quasi experimental design, Dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desagn dengan membagi kelompok penelitian menjadi dua kelas, yaitu dua kelas eksperimen yang dimana kelas pertama adalah kelompok eksperimen yang belajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe GI (group investigation) dan kelas eksperimen yang kedua belajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TSTS (two stay two stray).

Didapatkan hasil perhitungan nilai rata-rata GI adalah  78,95 dan nilai rata-rata TSTS adalah 81,89. Sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran  kooperatif tipe GI. Didapatkan hasil perhitungan uji T adalah 1,724. Dengan nilai t.95 dan dk = 68 didapatkan nilai t tabel = 1,671. Jadi terima H0 jika t hitung <1,671 dan terima H1 jika t hitung >1,671. Jadi tolak H0 dan terima H1 karena t hitung = 1,724 di luar daerah penerimaan H0 sehingga hipotesis yang peneliti ajukan diterima.

 

Kata kunci : Perbandingan model pembelajaran tipe GI dengan TSTS dan Hasil belajar siswa.

 

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine the learning outcomes of students who use cooperative learning model TSTS (two stay two stray) is better than that using cooperative learning model GI (Group Investigation), and learning methods, is expected to make active learning so as to improve student learning outcomes.

Method in this research is the method of experiment, the research design used in this study is a quasi experimental study design.dengan group split into two classes, the two classes of experiments in which the first class was the experimental group who studied with GI type of cooperative learning approach (group investigation ) and the second class of experiments studying the cooperative learning approach TSTS (two stay two stray).

Calculations showed the average GI value is 78.95 and the average value was 81.89 TSTS. So that it can be seen that the learning outcomes of students using cooperative learning methods TSTS better learning outcomes than students who used the GI type of cooperative learning methods. T test calculations showed was 1,724. With t.95 value and the value obtained df = 68 t table = 1.671. So thank H0 if t <1.671 and accept H1 if t> 1.671. So reject H0 and accept H1 because t = 1.724 outside the reception area so that the hypothesis H0 is accepted that researchers ask.

 

Keywords: GI Learning model comparison with TSTS and student learning outcomes.

Author Biographies

Viryan Gerry Pradhana, Jurusan Teknik FT Unesa
Jurusan Teknik FT Unesa
J. A. Pramukantoro, Jurusan Teknik FT Unesa
Jurusan Teknik FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Pradhana, V., & Pramukantoro, J. (2013). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 32