PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEDIA EDUCATION GAME PADA STANDAR KOMPETENSI MENJELASKAN DASAR DASAR SINYAL VIDEO

  • Hamdi Purwa Nugraha Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Agus Budi Santosa Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran education game pada standar kompetensi menjelaskan dasar dasar sinyal video di SMK Negeri 2 Surabaya. Masalah pada penelitian ini antara lain apakah media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran, bagaimana tingkat ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan media, dan bagaimana respon siswa terhadap media tersebut. Pada penelitian ini dihasilkan media pembelajaran yang disajikan dalam bentuk Compact Disk (CD).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D), yang terdiri dari 7 (tujuh) tahapan yaitu: (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap ujicoba produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan.

Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa media pembelajaran education game pada standar kompetensi menjelaskan dasar-dasar sinyal video dinyatakan baik/layak digunakan dengan hasil rating 80,81 %. Respon siswa terhadap media pembelajaran education game pada standar kompetensi menjelaskan dasar dasar sinyal video adalah sangat menarik dengan hasil rating 82,54 %. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen didapat prosentase ketuntasan belajar sebesar 93,3% dengan rata-rata kelas sebesar 75,17, berbeda dengan rata-rata untuk kelas kontrol 70 %, dengan  rata-rata kelas sebesar 70,75. Sedangkan perhitungan perbandingan menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil 3,78 hasil ini termasuk kategori signifikan yang berarti bahwa kelas yang menggunakan media pembelajaran education game mempunyai nilai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media education game.

Kata kunci: Media pembelajaran berbasis game, Research and Development (R & D), Hasil rating, Hasil belajar

 

Abstract

This research is development of learning media to produce learning media of education game on explain signal video basic standard competence in SMK Negeri 2 Surabaya. The problems in this study include whether the media is suitable as a medium of learning, students thoroughness learning using media, and how student responses to the media which is presented in the form of compact disk (CD).

This research use the research & development (R & D) method. This research have seven stages, there are: (1) problem analyzing, (2) data collecting, (3) product design, (4) validity design, (5) revision design, (6) product testing and, (7) analyzing & reporting.

From the research conducted, produced learning media of education game has validity 80,81 % which is good / decent used. Student responses to learning media of education game in explain the signal video basic standard competence is very appealing to the 82,54 % rating. The learning outcomes of students in classroom learning completeness experimentally derived percentage of 93.3% with an average grade of 75,17, in contrast to the average for the class to control 70%, with an average grade of 70.75. While the calculation of the comparison using the t-test at 5% significance level 3,78 the results obtained this result includes significant category, which means that the class that uses learning media education games learning outcomes that have a value higher than the classes that do not use media education game.

 

Keywords: games based learning, Research and Development (R & D), rating results, learning results

Author Biographies

Hamdi Purwa Nugraha, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Agus Budi Santosa, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Nugraha, H., & Santosa, A. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEDIA EDUCATION GAME PADA STANDAR KOMPETENSI MENJELASKAN DASAR DASAR SINYAL VIDEO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 172