PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOB SHEET PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK SEMEN GRESIK

  • AKHMAD JUNAIDI
  • BAMBANG SUPRIANTO

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi di SMK Semen Gresik bahwa dalam proses pembelajaran instalasi motor listrik menggunakan metode ceramah. Pada saat kegiatan praktikum instalasi motor listrik alat dan bahan yang disediakan sekolah masih terbatas sehingga diperlukan pendukung media tertentu agar efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menguji kevalidan media pembelajaran Programmable Logic Controller (PLC) dan job sheet yang dibuat; (2) Menguji kepraktisan media pembelajaran Programmable Logic Controller (PLC) dan job sheet yang dilaksanakan ditinjau dari respon siswa; (3) Menguji keefektifan media pembelajaran Programmable Logic Controller (PLC) dan job sheet yang dibuat ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Develompment). Desain penelitiannya menggunakan post-test. Tahap penelitian yang digunakan mengacu pada metode R&D oleh Sugiono yang diadaptasi menjadi 7 langkah penelitian dan pengembangan, yaitu: (1) tahap potensi dan masalah; (2) tahap pengumpulan data; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi produk; (5) tahap revisi produk; (6) tahap uji coba produk; dan (7) tahap analisis dan pelaporan. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi, lembar respon siswa dan hasil belajar posttest. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan media pembelajaran sebagai berikut: (1) aspek validitas trainer dan job sheet, untuk rerata penilaian kevalidan trainer sebesar 86,11% dalam kategori sangat valid sedangkan rerata penilaian kevalidan job sheet sebesar 87,35% dalam kategori sangat valid, (2) aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon, untuk rerata penilaian hasil angket respon siswa terhadap trainer sebesar 89,25% dalam kategori sangat baik sedangkan rerata penilaian hasil angket respon siswa terhadap job sheet sebesar 89% dalam kategori sangat baik, (3) aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa, hasil belajar ranah kognitif menunjukkan penilaian sebesar 85,17%, sedangkan hasil belajar ranah psikomotor menunjukkan penilaian sebesar 87,86% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran trainer, job sheet, respon siswa dan hasil belajar siswa dari segi ranah kognitif dan ranah psikomotor yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran instalasi motor listrik di SMK Semen Gresik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, PLC, Job sheet, Validitas, Efektifitas, Kepraktisan, R&D.

Published
2020-05-19
How to Cite
JUNAIDI, A., & SUPRIANTO, B. (2020). PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOB SHEET PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK SEMEN GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 192