Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013: Studi Kasus Program Keahlian Ketenagalistrikan

  • AHMAD DHOUUT TAUFIQ
  • TRI RIJANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Ketenagalistrikan di SMK Negeri 1 Pungging. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi suatu program pendidikan dengan menerapkan model CIPP (context, Input, Process dan Product). Kegiatan penelitian ini adalah mengkaji keterdapatan skenario pembelajaran yang tertuang pada RPP dalam analisis pada tahap Context, mengkaji pemanfaatan sumber-sumber lain yang tersedia dalam analisis tahan Input, mengkaji keterlaksaan penyampaian skenario pembelajaran yang tertuang di dalam RPP pada pelaksanaan pembelajaran pada tahap Process dan mengkaji hasil penilaian peserta didik pada tahap Product. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik non tes dilakukan dengan metode angket, pengumpulan dokumen dan observasi kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dilihat dari analisis context mendapatkan hasil persentase sebesar 96,21% termasuk dalam kategori sangat baik, dilihat dari analisis Input mendapatkan hasil persentase sebesar 86,11% masuk dalam kategori sangat baik, dilihat dari segi analisis Process mendapatkan hasil persentase sebesar 92,74% masuk dalam kategori sangat baik, dan dilihat dari segi analisis Product mendapatkan hasil persentase sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Secara keseluruah hasil penelitian menggambarkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Ketenagalistrikan di SMK Negeri 1 Pungging mendapatkan nilai persentase rata-rata sebesar 93,76% termasuk dalam kategori sangat baik.

Kata Kunci: Evaluasi, Implementasi, Kurikulum 2013, Program Keahlian ketenagalistrikan SMK.

Abstract

This research aims to describe the implementation of curriculum 2013 in electricity expertise Program in SMK Negeri 1 Pungging. This type of research is evaluation research of an education program by implementing CIPP Model (context, Input, Process and Product). This research activity is to study the learning scenario contained in the RPP in the analysis at the Context stage, reviewing the utilization of other sources available in the analysis of resistant inputs, reviewing the ability to delivery of the learning scenario contained in the RPP in the implementation of learning at the Process stage and reviewing the students assessment results at the Product stage. Data collection techniques on research using non-test techniques are conducted with poll methods, document collection and observation of learning activities in the classroom and the data is analyzed in a quantitative descriptive. The results of the research seen from the context analysis get a percentage yield of 96.21% included in the category very good, judging by the Input analysis get a percentage result of 86.11% in the category is very good, seen in terms of analysis Process get a percentage yield of 92.74% in the category is very good, and viewed in terms of Product analysis get a percentage result of 100% included in the Whole results illustrate that the implementation of curriculum 2013 on electricity expertise Program in SMK Negeri 1 Pungging Gets an average percentage value of 93.76% belonging to the category is very good.

Key Word: evaluation, implementation, curriculum 2013, electricity expertise program at SMK.

Published
2020-06-02
How to Cite
DHOUUT TAUFIQ, A., & RIJANTO, T. (2020). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013: Studi Kasus Program Keahlian Ketenagalistrikan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 65