PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO KELAS IX TAV DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%25pAbstract
AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan Need Assesment di SMKN 1 Jetis Mojokerto bahwa guru kekurangan sumber atau media belajar yang dapat menarik minat siswa. Dengan menggunakan media pembelajarn komik diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan penelitian yang terdiri dari 7 langkah yaitu : (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one-shot case study.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran komik pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil ratig sebesar 84%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa, dari tes hasil belajar akhir siswa didapatkan th = 22,653 > ttabel = 1,70 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan kriteria ketuntasan minimal. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 89%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran komik layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pembelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video di SMKN 1 Jetis Mojokerto.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik, validitas, efektifitas, kepraktisan.
AbstractThis research is motivated by the results of observations and Need Assessment in SMKN 1 Jetis Mojokerto that teachers lack resources or learning media that can attract students interests. By using comic learning media, it is expected to be able to provide solutions for teachers to improve student learning outcomes. This research aims to produce appropriate learning media. Eligibility in this case refers to aspects of validity, effectiveness, and practicality.This study uses a development and research method consisting of 7 steps, namely: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revisions; (6) product trials; (7) analysis and reporting. The subjects of this study were students of class XI TAV at SMKN 1 Jetis Mojokerto. In this study the trial design used was a one-shot case study.The results showed that the feasibility of comic learning media on the aspect of validity was stated to be very feasible with a rating of 84%. The effectiveness aspect in terms of student learning outcomes, from the test result of the final student learning result obtained 22,653 > ttable = 1.70 with a significance level of 0.05, so it can be concluded that the average final student learning outcomes are greater or equal to completeness criteria minimal. And aspects of practicality in terms of student responses expressed very practical with a rating of 89%.Based on these results it is known that comic learning media is fit to be used as one of the supporting media for student learning in the learning process in the planning of Audio Video System Planning and Installation at SMKN 1 Jetis Mojokerto.Keywords: Learning Media, Comics, validity, effectiveness, practicality.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-06-02
How to Cite
EKA SAPUTRA, R., & BUDI SANTOSO, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO KELAS IX TAV DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p
Issue
Section
Articles