PENGEMBANGAN EXPERIMENT SHEET PENGENDALIAN MOTOR LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEVEL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan experiment sheet pengendalian motor listrik yang layak meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Lamongan. Kevalidan diperoleh dari hasil validitas produk yang dikembangkan oleh validator. Kepraktisan experiment sheet ditinjau dari respon peserta didik dan respon guru. Keefektifan dihasilkan dari penilaian ranah kognitif untuk berfikir tingkat tinggi, afektif dan psikomotor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Pengembangan experiment sheet ini menggunakan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan level berfikir tingkat tinggi. Uji coba terbatas experiment sheet dilakukan pada siswa Kelas XI TITL 1 SMKN 2 Lamongan sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon peserta didik dan respon guru, tes hasil belajar berfikir tingkat tinggi, lembar penilaian sikap dan keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan kevalidan experiment sheet sangat valid untuk digunakan dengan persentase sebesar 87,00% (sangat valid). Untuk kepraktisan experiment sheet ditinjau dari respon peserta didik dengan persentase sebesar 77,00% (praktis), dan kepraktisan experiment sheet ditinjau dari respon guru dengan persentase 85,00% (sangat praktis). Untuk keefektifan experiment sheet, ditinjau dari tes hasil belajar berfikir tingkat tinggi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh hasil pengujian pada uji paired sample t-test signifikansi yaitu 0,00 yang menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga dinyatakan bahwa ada perbedaan pencapaian hasil belajar berfikir tingkat tinggi ranah kognitif sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran menggunakan experiment sheet. Hasil belajar ranah afektif diperoleh skor akhir rerata total adalah 81,00% (sangat efektif). Hasil belajar ranah psikomotor diperoleh hasil pengujian pada uji one sample t-test signifikansi yaitu 0,00 yang menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga dinyatakan bahwa nilai hasil belajar ranah psikomotor lebih dari 75,00 atau di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Karena experiment sheet untuk berfikir tingkat tinggi yang dikembangkan sangat valid ditinjau dari aspek kevalidan, sangat praktis bagi guru ditinjau dari aspek kepraktisan, serta sangat efektif ditinjau dari aspek keefektifan, maka experiment sheet dapat dikategorikan sangat layak digunakan.
Kata Kunci: Berfikir tingkat tinggi, kevalidan, kepraktisan, keefektifan, kelayakan, model pembelajaran inkuiri.