ANALISIS VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE APPLICATION PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X SMK

  • AFIFATUL VARA MAUDINA
  • MUHAMAD SYARIFFUDDIEN ZUHRIE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis validitas pengembangan media pembelajaran mobile application pada mata pelajaran sistem komputer melalui uji validitas.Penelitian ini mengadopsi dari model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) yang memiliki 5 tahapan, yaitu: 1) Analyze (analisis); 2) Design (Perancangan); 3) Development (Pengembangan); 4) Implementation (Implementasi); 5) Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diberikan pada validator ahli.Berdasarkan analisis hasil validasi diperoleh hasil validitas untuk media pembelajaran mencapai 82% dengan kategori sangat valid. Validasi materi pembelajaran mendapatkan hasil rating 78,9% dengan kategori valid. Validasi instrumen lembar penilaian observasi siswa mendapatkan hasil rating 79,8% dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile application pada mata pelajaran sistem komputer kelas X SMK layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mobile Application, ADDIE, Validitas.
Published
2020-06-09
How to Cite
VARA MAUDINA, A., & SYARIFFUDDIEN ZUHRIE, M. (2020). ANALISIS VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE APPLICATION PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 30