PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO KELAS XII DI SMKN 1 AROSBAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%25pAbstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengem-bangkan perangkat pembelajaran berbasis proyek yang layak. Lebih lanjut tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), dan lembar penilaian (LP). Pembelajaran berbasis proyek merupakan inovasi pembelajaran yang mendorong peserta didik dalam pembelajaran mandiri.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkah metode penelitian research and development (R&D) yang disadur dari Sugiyono, dengan tahapan: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Arosbaya. Pada penelitian ini rancangan ujicoba yang digunakan adalah One-Shot Case Study.
Hasil penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), dan lembar penilaian (LP). Dari hasil penilaian validator hasil validasi RPP sebesar 81,9% kategori valid, hasil validasi LKPD sebesar 77,8% kategori valid, dan validasi LP sebesar 83,3% kategori sangat valid. Kepraktisan dinilai dari assesmen keter-laksanaan pembelajaran dan respon peserta didik, Hasil assesmen keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,5% dengan kriteria sangat praktis, Hasil angket respon peserta didik sebesar 85,1% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh berdasarkan hasil belajr peserta didik yang dianalisis menggunakan uji statistic berupa one sample t-test dengan daerah pengujian satu ekor pihak kanan didapatkan kesimpulan hasil belajar peserta didik lebih besar atau sama dengan kriteria kelulusan minimal (KKM).
Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, berbasis proyek, audio video.
Abstract
The purpose of this study is to develop proper project-based learning tools. Furthermore the specific objectives of this study are describe the validity, practicality, and effectiveness, developed learning tools. Learning tools developed in this study lesson plan, student activity sheet, and assessment sheet. Project-based learning is a learning innovation that encourages students to learn independently.
This research is a research development with research method steps research and development (R&D) which was adapted from Sugiyono, in stages: 1) potential and problems, 2) data collection, 3) product design, 4) product validation, 5) product revisions, 6) product trials, and 7) analysis and reporting. The research subjects in this study are XII grade students of Audio Video Engineering at SMK Negeri 1 Arosbaya. In this study the experimental design used was One-Shot Case Study.
The results of this study are learning tools consisting of lesson plans, student activity sheets, and assessment sheets. From the results of the validator assessment the results of the lesson plans validation at 81,9% are valid categories, the results of the validation of student activity sheets at 77,8% are valid categories, and assessment sheets validation at 83,3% the category is very valid. Practicality is assessed from the assessment of the implementation of learning and student responses, The results of the assessment of the implementation of learning by 87,5% with very practical criteria, The results of student response questionnaire were 85,1% with a very practical category. The effectiveness of learning tools is obtained based on student learning outcomes analyzed using statistical tests in the form one sample t-test with the testing area of one right hand, it can be concluded that student learning outcomes are greater or equal to the Minimum Graduation Criteria.
Keywords: development, learning tools, project based, audio video.