STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013

Authors

  • MUHAMMAD ARIYANTO
  • TRI RIJANTO

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%25p

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis informasi implementasi standar proses pembelajaran pada pada jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif yang didukung dengan data kuantitatif maupun kualitatif, model evaluasi yang digunakan yakni model evaluasi Contect, Input, Process, Product (CIPP) pada evaluasi proses. Model evalusi proses merupakan evaluasi yang meliputi proses pembelajaran di kelas, laboratorium/bengkel sekolah, dan pembelajaran di industri/perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran di sekolah meliputi pembelajaran di kelas dengan mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik dengan memperoleh hasil dari pembelajaran dengan persentase pencapaian hasil skor empirik pembelajaran sebesar 71% dan termasuk pada kategori sedang (moderate), dan pembelajaran praktik praktik di laboratorium/bengkel sekolah dengan mata pelajaran produktif Instalasi Motor Listrik dengan memperoleh hasil dari pembelajaran dengan persentase pencapaian hasil skor empirik pembelajaran sebesar 74% dan termasuk pada kategori sedang (moderate). Pembelajaran praktik di industri (prakerin) dengan memperoleh hasil dari pembelajaran dengan persentase pencapaian hasil skor empirik pembelajaran sebesar 79% dan termasuk pada kategori tinggi (high).

Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Model Evaluasi Proses (Process)


Abstract

The purpose of this study was to analyze information on the implementation of standard learning processes in the Department of Electrical Power Installation Engineering at Vocational High School Two Surabaya. This type of research is evaluative research that is supported by quantitative and qualitative data, the evaluation model used is the evaluation model Contect, Input, Process, Product (CIPP) in the process evaluation. Process evaluation model is an evaluation that includes learning in the classroom, laboratory/school workshop, and learning in the industry/company. The results showed the learning process in schools includes learning in class with subjects Electric Power Installation by obtaining the results of learning with the percentage of achievement results in the empirical learning score of 71% and included in the moderate category (moderate), and practical learning in laboratory/school workshops with productive subject Electric Motor Installation by obtaining the results of learning with the percentage of achievement in the empirical learning score of 74% and included in the moderate category (moderate). Practical learning in industry (prakerin) by obtaining the results of learning with the percentage of achievement results in the empirical learning score of 79% and included in the high category (high).

Keywords: Learning Process, Process Evaluation Model


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-17

How to Cite

ARIYANTO, M., & RIJANTO, T. (2020). STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 30