VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN MODUL PEMBELAJARAN HUMAN MACHINE INTERFACE PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 3 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%25pAbstract
Abstrak
Latar belakang dari penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara tersebut di SMKN 3 Jombang sehingga diketahui tidak adanya bahan ajar modul pembelajaran pada mata pelajaran instalasi motor listrik untuk menunjang adanya media pembelajaran trainer human machine interface yang baru saja ada di sekolah tersebut. Modul merupakan bahan ajar yang disusun atau dibuat secara sistematis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa atau pembacanya. Dari permasalahan di atas perlu dikembangkan atau dibuat bahan ajar berupa Modul Pembelajaran Human Machine Interface (MPHMI). Penggunaan MPHMI ini berbantuan software CX-Programmer dan NB-Designer. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Modul Pembelajaran Human Machine Interface (MPHMI) yang valid dan praktis untuk digunakan. Aspek kevalidan ditentukan dari penilaian validator dan aspek kepraktisan ditentukan dari respon peserta didik terhadap MPHMI. Penelitian ini menggunakan tujuh (7) langkah penelitian, yaitu sebagai berikut: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan analisis dan pelaporan. Pada penelitian ini menggunakan satu (1) kelas, pada kelas XI TITL 1 dengan jumlah 33 siswa. Hasil penelitian untuk aspek kevalidan MPHMI dinyatakan sangat valid dengan rating 85,60%. Hasil penelitian untuk aspek kepraktisan MPHMI mendapatkan respon siswa sangat baik dengan rating 86,79%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar MPHMI yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar alternatif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Human Machine Interface, Instalasi Motor Listrik.
Abstract
The background of this research is based on the results of these observations and interviews at SMKN 3 Jombang so that it is known that there is no teaching material for learning modules in electric motorbike installation subjects to support the existence of a human machine interface trainer learning media that has just existed at the school. Modules are teaching materials that are arranged or made systematically in a language that is easily understood and understood by students or readers. From the above problems it is necessary to develop or make teaching material in the form of a Human Machine Interface Learning Module (MPHMI). The use of MPHMI is aided by CX-Programmer and NB-Designer software. This study aims to develop teaching materials for Human Machine Interface Learning Modules (MPHMI) that are valid and practical to use. The validity aspect is determined from the validators assessment and the practical aspect is determined by the students response to MPHMI. This research uses seven (7) steps of research, which are as follows: potential and problems, data collection, product design, product validation, product revision, product trials, and analysis and reporting. In this study using one (1) class, in class XI TITL 1 with a total of 33 students. The results of the study for the validity aspects of MPHMI were stated to be very valid with a rating of 85.60%. The results of the study for the practical aspects of MPHMI get very good student responses with a rating of 86.79%. These results indicate that MPHMI teaching materials developed are valid and practical to be used as an alternative teaching material in the learning process.
Keywords: Learning Module, Human Machine Interface, Electric Motor Installation.