Faktor Yang Mempengaruhi Dan Cara Meningkatkan Keterampian Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Kompetensi Keahlian TITL
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%25pAbstract
Tujuan dari penulisan artikel berikut adalah guna mengetahui penyebab yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada abad ke-21 yang berada pada level rendah serta bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir tingkart tinggi siswa untuk diterapkan pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (IML) SMK kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Penyusunan artikel menggunakan metode studi literatur, yakni mengumpulkan serta mngelola data dan informasi dari beragam referensi seperti hasil riset yang relevan, jurnal, buku teks, dan artikel web yang berkenaan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dari hasil studi literatur, ditemukan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMK berada di level rendah yakni dikarenakan berbagai faktor seperti: (1) siswa kurang siap dalam menghadapi proses pembelajaran; (2) budaya literasi siswa; (3) faktor lingkungan; (4) proses pembelajaran; dan (5) kurikulum melakukan pembatasan dimensi proses kognitif siswa. Artikel ini juga berisikan cara meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan memberikan latihan soal kepada siswa yang berorientasi HOTS atau yang termasuk dalam aspek proses pengetahuan membedah (C4), menilai (C5), dan membuat (C6).
Kata kunci: kemampuan berpikir tinggkat tinggi, keterampilan abad 21, instalasi motor listrik, latihan soal.