PENGARUH PERMAINAN BINGO DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

  • Luluk Mawati Sholikah Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • IGP. Asto Buditjahjanto Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa di SMKN 1 Jetis Mojokerto yang menerapkan permainan bingo dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) tanpa permainan bingo pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar teknik digital dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan permainan bingo dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar teknik digital.

Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental karena belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh. Dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design.

Dari hasil penelitian diperoleh: (1) Berdasarkan hasil analisis nilai posttest dengan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. (2) Berdasarkan analisis nilai posttest dengan uji-t satu pihak diperoleh Thitung= 5,165 > Ttabel= 1,67 (α = 0,05) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. (3) Respon siswa terhadap penerapan permainan bingo dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT secara keseluruhan adalah positif dengan rata-rata  87,61% dan termasuk kriteria respon sangat baik.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe NHT, permainan bingo, hasil belajar.

 

Abstract

The purpose of this research is to know whether the result of the study for student in SMKN 1 Jetis Mojokerto which apply bingo games in cooperative learning type NHT (Numbered Head Together) better than learning outcomes apply that learning strategy without bingo games in a standard competence appliying basic of digital electronics and to know student respon which apply bingo games in cooperative learning type NHT (Numbered Head Together) in a standard competence appliying basic of digital electronics.

This type of research is the Pre-experimental because there is really an experiment. In this study the design of the study is  Posttest-Only Control Design.

From the research results obtained: (1) Based on the analysis of the posttest with a test for normality and homogeneity of the two classes obtained normal and homogeneously distributed. (2) Based on the analysis of the posttest with a t-test of analysis obtained Thitung= 5,165 > Ttabel= 1,67 (α 0,05) that there is learning outcomes of experiment class better than control class. (3) The response of students towards apply of bingo game in cooperative learning type NHT (Numbered Head Together) was positive with an average of 87,61% and including a very good response criteria.

Keywords: cooperative learning type NHT, bingo games, learning outcomes.

Author Biographies

Luluk Mawati Sholikah, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
IGP. Asto Buditjahjanto, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Sholikah, L., & Buditjahjanto, I. (2013). PENGARUH PERMAINAN BINGO DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 30