PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MPBM PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI KELAS X TAV SMK N 3 SURABAYA

  • Eshas Agvan Fachmy Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Muhammad Nur . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu perangkat pembelajaran MPBM, untuk mengetahui hasil belajar siswa serta hasil respon dan hasil validasi terhadap perangkat yang dibuat oleh peneliti. Perangkat pembelajaran yang dibuat peneliti terdiri dari RPP, LKS dan Kunci LKS, Alat Peraga, Media Software Multisim 10, dan Tes Hasil Belajar.

Metode penelitian yang digunakan adalah desain pengembangan 4-D (Four D-Model), tetapi pada penelitian ini hanya menggunakan desain pengembangan yang terdiri dari Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Develop).

Dari penelitian dan hasil pembahasan yang dilakukan, diperoleh hasil validasi dari pengembangan perangkat pembelajaran MPBM pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital dengan pilihan Kompetensi Dasar Menjelaskan Operasi Logika di SMK Negeri 3 Surabaya adalah sebagai berikut (1)  hasil validasi RPP dinyatakan sangat layak digunakan dengan hasil sebesar 85,47%. (2) hasil validasi LKS dan Kunci LKS dinyatakan sangat layak digunakan dengan hasil sebesar 86,25%. (3) hasil validasi Alat Peraga Rangkaian Digital dinyatakan layak digunakan dengan hasil sebesar 80%. (4) hasil validasi Media Software Multisim 10 dinyatakan sangat layak digunakan dengan hasil sebesar 86,25%. (5) hasil validasi Tes Hasil Belajar dinyatakan layak digunakan dengan hasil sebesar 80%. Tes hasil belajar dilihat dari sensitivitas tiap butir soal:  (1) hasil belajar produk >0,4. (2) hasil belajar proses >0,45. Dan (3) hasil belajar psikomotor >0,34, meperlihatkan proses pembelajaran telah efektif dalam proses pembelajaran dengan MPBM.  Untuk respon siswa terhadap proses pembelajaran MPBM 86,67% atau 26 siswa menjawab senang selama mengikuti proses pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran MPBM yang dikembangkan dapat digunakan untuk proses pembelajaran untuk siswa kelas X TAV SMK Negeri 3 Surabaya.

Kata kunci: Pembelajaran, Perangkat pembelajaran, MPBM, Hasil Validasi.

 

Abstract

This study aims to develop a PBI-based learning media, to determine student’s achievement and the results of the response and the results of the validation of the media made by researchers. Learning media made by researchers consists of lesson plans, worksheets and Key LKS, Aids, Media Software Multisim 10, and Student’s Achievement Test.

The method used is 4-D (Four D-Model) development design, but this study only uses the development design which only consist of definition (Define), Design (Design), and Development (Develop).

From research and discussion that has been done, the results obtained from the validation of PBI-based learning media on Competency Standards of Applying Digital Engineering Basics with Basic Competencies choice Explains Logic Operations at SMK Negeri 3 Surabaya is as follows (1) the results of the validation RPP otherwise very decent used with a yield of 85.47%. (2) the results of the validation LKS and LKS otherwise very decent lock is used with a yield of 86.25%. (3) the results of the validation series Digital Viewer Tool declared fit for use with a yield of 80%. (4) the results of the validation Media Software Multisim 10 stated very suitable to be used with a yield of 86.25%. (5) the results of the validation tests Learning Outcomes declared fit for use with a yield of 80%.  Test results of the sensitivity study visits each items: (1) product of learning outcomes > 0.4.  (2) the results of learning process < 0.45. And (3) psychomotor learning outcomes < 0.34, shows the learning process has been effective in the learning process with MPBM. For the students' response to the learning process MPBM 86.67% or 26 students answering fun during the learning process.

Based on results above, it can be concluded that the PBI-based learning media developed by researcher can be used for the learning process for students of class X TAV SMK Negeri 3 Surabaya.

Keywords: learning, learning media, PBI, Validation Results.

Author Biographies

Eshas Agvan Fachmy, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Muhammad Nur ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Fachmy, E., & ., M. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MPBM PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI KELAS X TAV SMK N 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 5