PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR DAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Awaludin Syarif Hidayatullah
  • Munoto -
Keywords: Pengaruh Model dan Media Belajar

Abstract

Pendidikan Indonesia seharusnya mengembangkan model pembelajaran yang tidak membosankan, dapat memotivasi dan berfokus kepada siswa. Siswa harus lebih afktif dalam proses pembelajaran, sebagaimana terdapat dalam teori belajar konstruktivistik. Teori ini mendasarkan proses pembelajaran pada siswa yang mengonstruk sendiri pengetahuannya. Sehingga peran guru tidak terlalu dominan tapi tetap memberikan bimbingan saat waktu belajar berlangsung sebagai contoh model pembelajaran TANDUR yang dikembangkan dengan media pembelajaran adobe flash yang digunakan untuk menaikkan hasil belajar siswa Model pembelajaran TANDUR merupakan kerangka dari Quantum Teaching yang disingkatan dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan. Ada beberapa tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk menganalisis: (1) Pengaruh model pembelajaran TANDUR dan media pembelajaran adobe flash terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh model pembelajaran konvensional (ceramah) terhadap hasil belajar siswa, (3) Untuk menganalisis dan mengetahui keefektivitasan model pembelajaran TANDUR dengan media pembelajaran adobe flash terhadap hasil belajar siswa dapat lebih bermanfaat apabila dibedakan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah). Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas dilakukan dengan menggunakan kajian atau analisis teoritis, yaitu dengan menggunakan pemakaian konsep-konsep pengaruh model pembelajaran TANDUR dan media pembelajaran adobe flash untuk menaikkan hasil belajar siswa, pengaruh model pembelajaran konvensional (ceramah) terhadap hasil belajar siswa, dan untuk menganalisis dan mengetahui keefektivitasan model pembelajaran TANDUR dengan media pembelajaran adobe flash sehingga dapat menaikkan hasil belajar siswa.

Published
2020-09-01