PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BERDASARKAN STUDI LITERATUR PENGUASAAN TEORI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA

  • Giant Jourdie Hamsyah
  • Achmad Imam Agung
Keywords: model PBL, penguasaan teori, dasar-dasar elektronika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa SMK berdasarkan studi literatur penguasaan teori dasar-dasar elektronika. Studi pendahuluan mengungkapkan bahwa dasar-dasar elektronika merupakan pelajaran yang mencakup dari semua bidang keahlian kelistrikan untuk segi pembelajaran yang mendasar. Guru memiliki peran penting dalam memberikan inovasi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Inovasi pembelajaran dapat dilakukan dengan memilih model pembelajaran yang tepat, karena model pembelajaran yang dilakukan guru akan berpengaruh pada hasil pembelajaran. Hasil belajar merupakan faktor yang penting didalam proses belajar mengajar, karena merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dalam pendidikan. Berbagai penelitian telah dilakukan, dari segala model pembelajaran yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan hasil belajar SMK salah satunya adalah model pembelajaran PBL. Penelitian ini dikaji melalui metode meta analisis dengan mengumpulkan informasi dari beberapa studi literatur penelitian yang sejenis. Hasil analisis studi literatur yang setema dengan penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMK. Hasil belajar dilihat dari nilai posttest yang diperoleh mengalami peningkatan setelah diterapkan model PBL. Nilai posttest yang dihasilkan juga memperlihatkan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan minimum dengan nilai yang diperoleh sudah mencakup KKM yaitu 75. Peningkatan persentase posttest secara signifikan meyakinkan bahwa peserta didik secara rata-rata sudah menguasai teori dasar-dasar elektronika.

Published
2020-09-01