PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK

  • Mohammad Ivan Asviyan
  • Agus Budi Santoso
Keywords: Modul Pembelajaran, Instalasi Motor Listrik, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Media pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran pada siswa, pentingnya menggunakan media pembelajaran yaitu agar proses pembelajaran berjalan dengan baik, jika tidak menggunakan media pembelajaran proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Media pembelajaran meliputi: modul, buku, Lembar Kerja Siswa (LKS), power point. Perkembangan teknologi sekarang ini media pembelajaran mulai berkembang, terutama media pembelajaran modul. Modul merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk proses belajar mandiri pada siswa, peran guru sebagai fasilitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena tidak membutuhkan pengujian dari siswa tetapi mencari sumber-sumber terpercaya untuk mendeskripsikan variabel yang ada. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IML dengan menggunakan modul pembelajaran. Karena modul pembelajaran mengajarkan siswa untuk belajar sendiri tanpa bantuan siswa lain, modul pembelajaran mengajak siswa untuk belajar dengan ajakan-ajakan berupa tulisan yang menarik agar siswa suka untuk belajar, modul pembelajaran dapat membantu siswa untuk mengasa kemapuannya di kelas, modul pembelajaran dapat menciptakan suatu kompetisi belajar antar siswa agar semangat dalam belajar, modul pembelajaran dapat membuat siswa mengetahui kemampuan yang telah dicapai dalam belajar. Sehingga penggunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan kemauan belajar siswa juga hasil belajar siswa meningkat.

Published
2020-09-01