PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOBSHEET PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK MOTOR INDUKSI 3 FASA BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN SENSOR BLUETOOTH UNTUK MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XII SMKN 2 SURABAYA

  • Nabil Dzaki Zulfian
  • Tri Wrahatnolo
Keywords: Media Pembelajaran Trainer dan Jobsheet, hasil belajar, dan kelayakan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuat media pembelajaran Trainer dan Jobsheet yang layak di gunakan pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XII di SMKN 2 Surabaya. Kelayakan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet ditinjau dari tingkat hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Research and Development (R&D), dengan menggunakan uji coba produk dari one group pretest posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan Trainer dan Jobsheet pengendali elektromagnetik motor induksi 3 fasa mendapatkan nilai dari validator dengan rerata total sebesar 3,07 sehingga dapat dinyatakan tingkat kevalidan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet memiliki kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet pengendali elektromagnetik motor induksi 3 fasa dari respon peserta didik diperoleh hasil 3,31 sehingga dapat dinyatakan tingkat kepraktisan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet memiliki kriteria sangat praktis. Tingkat keefektifan ditinjau dari hasil belajar pada ranah pengetahuan diperoleh dari uji paired sample t- test dengan hasil ada peningkatan pencapaian hasil belajar pada ranah pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet. Hasil belajar pada ranah keterampilan diperoleh dari uji one sample t-test dengan hasil nilai belajar pada ranah keterampilan di atas KKM (75). Berdasarkan hasil analisis hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dapat dinyatakan tingkat keefektifan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet memiliki kriteria sangat efektif.

Published
2020-09-01