STUDI LITERATUR: ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Bastiar Ageng Rengga Putra
  • Tri Rijanto
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Tujuan studi literatur ini adalah: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMK (2) mengetahui model pembelajaran kooperatif yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran kooperatif yang difokuskan dalam studi literatur ini adalah tipe Think Pair Share (TPS), Jigsaw, Student Team Achievement Division (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI). Studi literatur ini diperoleh dari penelusuran artikel dari rentang tahun 2015-2020 dengan menggunakan Google Scholar. Diperoleh 5200 artikel dengan judul yang terkait, kemudian hasil pencarian dilakukan identification, screening, dan eligibilty melalui kriteria inklusi dan eksklusi sehingga dipilih 10 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil studi literatur menemukan: (1) MPK TPS, Jigsaw, STAD, dan TAI memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajarnkognitifnpesertandidik dengan persentase peningkatan nilai paling tinggi 66,4% dan rata-rata hasil belajar 83,19 dikategorikan sangat baik sesuai kriteria hasil belajar (2) MPK tipe TAI paling efektif meningkatkan hasil belajarnkognitifnpeserta didik dibuktikan kenaikan nilai tertinggi dari 52,69 meningkat menjadi 87,69 dengan presentase kenaikan 66,4%, kemudian tipe STAD dengan peningkatan tertinggi dari nilai 53,91 meningkat menjadi 81,09 dengan presentase kenaikan 50,4% kemudian tipe Jigsaw dengan nilai kenaikan tertinggi dari 70,00 menjadi 82,78 dengan presentase kenaikan 11,3% dan yang terakhir tipe TPS mendapatkan nilai kenaikan tertinggi dari nilai 74,44 meningkat menjadi 80,42 dengan presentase kenaikan 8,03%.

Published
2020-09-01